Friday 16 April 2010

AKU : Mi Ayam

Semua pasti tau lah ya mi ayam? Ya khan?

Nah… Note kali ini saya mau nyeritain segala pengalaman saya yang berhubungan dengan mi ayam.  Rasa-rasanya banyak banget pengalaman saya dengan mi ayam, tapi ada beberapa yang amat berkesan buat saya[ceilehhhh, ihiyy..]. Nah yang berkesan itu lah yang mau saya tulis disini.

Tiga kenangan, tiga rasa, tiga suasana, juga tiga-tiga yang lainnya karena emang semuanya berbeda kecuali saya dan mi ayamnya itu [mi ayamnya juga beda sih, hehe]. Nah.. Saya mau cerita dari kenangan yang paling lama, kenangan akan mi ayam….

Cerita yang ini tu kejadiannya waktu saya masih SMA, beneran deh yang namanya jaman SMA tu “High school never dies” banget deh.. Jaman seru-seruan, gila-gilaan, awal-awal  kita ngerasa udah gede tapi padahal jauhhhh dari itu. Waktu itu hari Rabu, saya inget harinya karena waktu itu kami pake baju Pramuka, nah sekolah kami ini emang aneh sendiri deh, pake Pramuka kok hari Rabu..

Back to story. Jadi seperti biasa lah, kami[saya dan teman-teman dekat] tu sering banget ngumpul-ngumpul. Selain kalo di sekolah kami tu sekelas, nah setelah pulang sekolah pun kami masih ngumpul-ngumpul. Tempat ngumpul kami biasanya di rumah Memei[panggilan yang sebenarnya]. Hari itu juga kami ngumpul lagi di rumah Memei. Kadang-kadang kami juga numpang makan di rumahnya Memei, wah mamanya Memei  itu jago masak euy, masakannya enak deh, hihi, tapi kadang kami juga makan di luar. Hari itu kebetulan mamanya Memei  kagak masak, jadilah kami makan mi ayam di deket rumah Memei.

Mi ayam ini namanya “Mi Ayam Rasa”, hambuh rasa apa, rasa enak lah pokoknya. Tapi emang bener loh, mi ayamnya ini enak, hehe. Potongan ayamnya itu gede-gede, dan beneran daging semua gitu, lima rebu perak udah pake bakso. Mantap bukan… [yah tapi itu jaman SMA kelas satu euy, hampir tujuh tahun yang lalu. Ck, kadang gak nyangka ya waktu cepat sekali ya…] Yang jualan mi ayam ini tu pasangan suami istri yang udah lumayan berumur. Bapak penjualnya baik banget, tapi ibunya jutek, bener deh, galak gitu. Tapi yang saya tahu beberapa tahun lalu [pas saya kuliah kayaknya] bapaknya ini meninggal [hiks], dan  karena gak bisa berjualan sendirian, si ibu akhirnya menutup warung mi ayamnya. Sayang banget, padahal enak…

Seperti biasa kami udah pesan masing-masing, dan yah kalian tahulah anak perempuan emang suka banget ngobrol yah, apa aja diobrolin gitu. Sampe akhirnya tu pesenan dateng kami gak berhenti juga ngobrol. Ck, makan sambil ngobrol. Yang parahnya waktu itu si Memei tiba-tiba ngelempar topic yang langsung tepat mengenai saya. Kurang lebih gini:

“Eh tahu gak sih? Si Andra [bukan nama sebenarnya] khan baru jadian sama si Fani [juga bukan nama sebenarnya]” Si Memei ngomong dengan santainya sambil ngasih kecap, saos, n sambel di mi ayamnya. Yang lain serempak kaget dan ramai macam dapet gossip hangat.

“Serius lu? Kata siapa?” Semua berebut nanya. Dan saya, huwaaaa, saya juga ikutan berusaha pengen tahu, padahal udah pengen nangis kabur lari-lari di tengah hujan bak gadis india diputusin sama pacarnya yang ternyata udah dijodohin dengan orang lain [hihi, lebay, gak lah, gak segitunya kok]. Yeah, Andra tu gebetan saya, bukan gebetan juga sih, [aih bahasa lu, ndroooo], tapi ya sekedar seneng aja liatnya, ganteng oi. Haha.

“Eh udah dong, jangan ngomongin dia mulu. Si Jingga kasian noh..” Entah siapa yang mulai nyadar kalo saya jadi aneh. Ah cucrut dah.

“Aih, napa juga kok kasian ma gw? Kagak ngaruh ah..” Kilah saya sambil mencoba memberi sambel ke mi ayam saya. Apa mau dikata ya, emang dasar perasaan jadi gak enak, ngaruh deh ke otak yang trus ngirim sinyal ke tangan jadinya ngaco deh tu. Tumpah semua tu sambel yang segambreng banyaknya itu. Entah emang mungkin aja tu tutupnya juga gak pas kali yah. [tapi dipake yang lain kok gak tumpah? Aaarrgghhh…]

Seketika semua ngeliatin saya dengan pandangan prihatin, mencoba menenangkan saya, “Tenang ya, gak apa-apa kok, nanti kita bilang ke bapaknya ya sambelnya tumpah… Udah, si Andra gak usah dipikirin ya..” Huhuhu9, bodoh beneran dehhhh… Itu mi ayam saya juga penuh sama sambel. Padahal saya khan gak suka pedes. Dan akhirnya setelah susah payah, bersih juga tu sambel.

Untungnya perhatian gak lama langsung beralih ke Putri yang rada nyleneh itu, bayangin aja, dia makan mi ayam tapi dikasih batu es di mi ayamnya itu. Alasannya supaya cepet adem, khan tu mi ayam panas bener  ya. Kami cuma bisa bilang “Iya deh…”.

Selesai makan mi ayam, eh beneran ujan deres banget euy. Sebenernya kami dikirimin payung sih sama itu asisten mamanya Memei, tapi kok jadinya basah-basah juga. Hihi.

Mi ayam yang ini rasanya enak, walaupun penuh sambel, pedasssssss tapi enak, enak karena saya makannya bareng sama teman-teman terbaik saya yang selalu bisa membuat saya tertawa dalam keadaan seperti apapun. Miss you all, sistas….^^


Nah cerita yang kedua itu masih bersetting waktu SMA saya. Hoho. Cuma bedanya kali ini saya makannya berdua sama gebetan yang lain. [wuahahahha9, dasar ya ababil, gebetannya ganti-ganti] Cuma yang ini saya lupa hari apa, coz pakenya putih abu-abu sih, jadi bisa Senin, Selasa, atau Kamis.

Kejadiannya juga bukan pas istirahat, tapi pas jam pelajaran, cuma karena gak ada gurunya jadi ya gitu deh, kabur-kaburan aja, apalagi udah mau pulang juga. Nah tiba-tiba aja dia ngajakin makan mi ayam di kantin depan. Ya saya gak nolak dong ya, huahahaha9 maunyaaaa…. [Ckckckck…]

Selama makan kita ngobrolin macem-macem, cerita keluarganya, cerita kesukaannya, dan saya yang biasanya cerewet kali itu cuma jadi pendengar yang baik. Hoho. Dan yah, saya emang kadang kelewat lama kalau makan, cuma kadang aja sih.. Seperti momen itu khan kalo makannya lama jadi barengannya tambah lama, hahaha9 lagi-lagi hanya akal-akalan saya aja. Dia khan udah hampir selesai ya, tapi saya malah sibuk misahin batang sawi, entah kenapa.

Jadi aja dia nanya, “Kenapa kok dipisahin?”.
Saya jawab lah seadanya, “Ah, gak apa-apa kok, hee..” jawab saya sambil senyum tanggung.
“Wah, gak suka ya? Adek gw juga gak suka sama batang sawi. Kalo makan kayak lu gitu, dipisahin deh..” Katanya tiba-tiba.
“Eh? Oh? Iya.. gak suka.. hehe..” Jawab saya asal. Padahal saya suka-suka aja sama batang sawi, eh saya khan suka sayur-sayuran kecuali terong dan leunca. Tapi karena dia udah terlanjur ngomong gitu, ya udah lah. Haha.. Lagian khan jadinya lebih berasa punya kesamaan, walopun sama adeknya, hihi maksaaaaaaa….

Mi ayam yang ini rasanya apa yaaaa,,, manis-manis gimanaaaaa gitu… Hehehe..  padahal harganya murah bener oi, cuma tiga rebu lima ratus kalo gak salah, segituan lah… Udah gitu tempatnya juga cuma di kantin pula. Tapi rasanya kayak candle light dinner, hihi9. [lebay sekali sayaaaaa…..]




Cerita saya yang terakhir itu yang paling parah menurut saya. Oh mai oh mai… Jangan sampe deh kejadian lagi. Cerita yang ini tu pas tahun lalu saya OJT[On Job Training] di Kanwil Jakarta Timur. Jadi khan saya dan Mae [panggilan yang sebenarnya] kepengen makan siang mi ayam. Nah kebetulan ada gerobak mi ayam di deretan penjual makan di sekitaran situ. Nah saya ingat itu mi ayam namanya “Mi Ayam Si Boy” [ini emang namanya kok, bener, gak maksud untuk meledek orang tertentu].

Jadi lah kami pesan dua porsi mi ayam bakso. Nah di sebelah mi ayam ini ada warung gorengan, tadinya kami mau beli gorengan juga tapi akhirnya gak jadi karena emang cuma setengah hati. Setelah menunggu agak lama datanglah pesanan kami. Pas ditanyain mau minum apa, kami kompak bilang mau minum aqua gelas aja. Entah kenapa hari itu emang lagi malas minum yang manis-manis gitu, dan Mae juga sama.

Setelah kami makan dengan enaknya dan kenyang, kami mutusin untuk balik ke kantor. Mi ayamnya sih biasa aja, standar lah… Tipikal mi ayam mangkal pinggir jalan gitu. Kurang lebih percakapan kami seperti ini.

“Yuk ah balik, bayar yuk." Ajak Mae.

“Ayo dah. Uangku tadi di kamu kan ya, Mae?” Jawab saya, dan emang saya tadi nitipin uang saya di Mae karena saya malas bawa dompet, akhirnya saya ambil uang sekira-kiranya saya aja.

“Ha ah, di aku. Bentar yak u ambilin.” Jawab Mae sambil negbuka tempat hapenya [Mae juga males bawa dompet]. Trus dikasih lah uang titipan saya, tapi tiba-tiba Mae panik gitu.

“Duh, uangku mana ya? Tadi kayaknya udah ku taroh sini?” Kata Mae panik.

“Yakin? Belom kamu bawa kali? Ya udah pake uangku aja dulu. Berapa bang semuanya? Mi ayam bakso dua sama aqua gelas dua.” Kata saya santai sambil nanya si abang mi ayam.

“Semuanya duapuluhsatu ribu, neng.” Jawab si abang mi ayam.

“Nah ini..” Kata saya sambil ngitung uang saya yang berantakan itu karena emang gak saya susun. Dan tiba-tiba aja saya berhenti ngitung, itungannya nyampe di angka duapuluh ribu. Uang saya cuma duapuluh ribu. Saya dan Mae pandang-pandangan, bingung bakal kayak apa jadinya. Emang sih cuma kurang seribu, tapi khan tetep aja malu. Akhirnya kami berusaha nyari-nyari di antara tempat hape Mae yang emang kebetulan ada tiga tempat.

Akhirnya kami berhasil nemu uang logam lima ratusan, langsung kami kasih ke si abang mi ayam yang sedari tadi udah bilang “Gak apa-apa kok, neng… Udah yang ada aja..” Tapi kami gengsi dong ya kalo harus ngutang, walo sebenernya abangnya sih ikhlas kalopun kurang. Karena kami masih ngotot mau tetep bayar, kami masih aja berusaha nyari.

Dan muncul lah sekeping uang logam dua ratusan yang lain, tapi sayang sebelum kami serahin ke abang mi ayam, tu uang logam jatuh ke ember cuci piring. Kami masih gak nyerah juga. Gak mau utang walopun cuma tiga ratus perak, karena itungannya khan yang dua ratus perak tadi juga udah ada di abangnya, khan jatuhnya di ember abangnya itu.

Syukur banget ketika akhirnya kami berhasil nemu logam lima ratusan yang lain setelah puas mengorek-ngorek tempat hape Mae, hohohoraaayy…. Kami kasih uang logam tadi dengan tersenyum puas, haha. Padahal mungkin menurut abangnya kami malah bikin ribet dan makan waktu lama gara-gara ngotot mau tetep nyari tu sisa uang biar bisa bayar. Hehe. Kebayang ya kalo seandainya tadi kami mesen es jeruk atau es kelapa ples pake gorengan juga. Mau bayar pake apaaaaa....? Hihi..

Setelah itu kami ketawa ngakak-ngakak mengingat-ingat kebodohan yang udah kami lakuin. Dan ternyata emang Mae lupa bawa uang. Hihi. Dasar dehh… Gayanya sih seperti orang yang bekerja di gedung berlantai entah berapa itu di kota Jakarta yang megah itu. Eh kok buat mbayar mi ayam duapuluhsatu ribu aja susah amat, hihi.

Mi ayam yang terakhir ini rasanya beneran nano-nano deh. Gak ada lawannya lah. Malu banget lah sama abangnya itu. Untung kami cuma OJT  selama lima hari, dan hari makan mi ayam itu udah hari ke empat kalau gak salah ingat ya..

Yah, begitulah cerita saya tentang mi ayam. Sebenernya sih saya biasa aja ya sama mi ayam, gak beneran yang favorit banget gitu makan mi ayam tuh, tapi kok ya ada-ada aja kejadian dengan si mi ayam ini.

Mi ayam…
Oh mi ayam……

12 comments:

  1. hahaha makanan fav hubby tuh mie mie terusss... yg laen dong.. ^.^

    ReplyDelete
  2. hihi9
    kalo aku padahal gak suka amat, biasa aja, cuma ya itu tadi ada aja kejadiannya, hehe..
    kalo si mbak sukanya apa nih?

    ReplyDelete
  3. wah, pagi pagi dah liat ginian, jadi laper saya

    ReplyDelete
  4. hmmmm. nyam,nyam,nyam. jd Laper neh, tp karna udah maLem & pedagang mie ayamnya sdh pd tutup jd cukup makan mie instant aja deh. hehehehe.
    ----------
    kunjungan perdana di akhir pekan, saLam kenaL.

    ReplyDelete
  5. [heri]
    wahh, jadinya makan apa tuh kemarin pagi?
    salam kenal.. ^^

    [omrame]
    jadinya makan mi instan beneran tuh, om?
    heu...
    salam kenal.. ^^

    maaf aku belom sempat BW,
    nanti aku sempatin BW ya, hehe...

    ReplyDelete
  6. tuh makanan fave saya.ngences deh. tanggung jawab nih.hiks.....jadi lapar

    ReplyDelete
  7. saya juga laper euy...
    yuk makan bareng dah, saya di mari, kamu di sana, hehe...

    ReplyDelete
  8. haduuuuuuuuuuh,,jadi pengen makan mie ayam niy...

    ReplyDelete
  9. hohoi, yuk kita rame2 deh makan mi ayam,
    ditraktir sama riesta, huehehehe9
    khan lagi ulta ;)

    ReplyDelete
  10. makanya lain kali hitung dulu duitnya cukup apa enggak. hehehe....

    ReplyDelete
  11. hehehe9
    iya euy, tapi itungannya kalo cuma buatku aja sih cukup, heu... :p

    ReplyDelete

Makasi udah baca ocehanku ini, apalagi kalau mau ninggalin komen, hehe.. ^^