Friday 7 May 2010

Balada Si Lapis Legit [2]


Selamat hari Senin… ^o^/
Nah kemana saya selama dua hari ini? [berasa kayak ada yang nyariin aja yak? Haha]
So, seperti yang udah saya posting hari Sabtu kemarin kalau ternyata lepi saya masih rusak, huwaaa, jadi kayak lapis legit gitu, hiks… T.T
Akhirnya dengan modal emosi jiwa sambil sedih berlebihan [lebay sekali bukan? haha] saya memutuskan untuk berangkat ke service center lepi saya itu hari Sabtu itu juga. Dan inilah cerita perjalanan saya hari Sabtu itu.
Yoi bener deh, saya berangkat dari rumah jam setengah satu lewat, niatnya mau naik kereta listrik aja tuh yang jurusan Kota, tapi ternyata itu jadwal keretanya jam setengah dua. Males banget dong kalo harus nunggu sejam, soooo saya putuskan buat berangkat naik bus aja, haha. Dari stasiun saya naik ojek ke arah pintu tol barat, yeah!!
Sampe halte depan pintu tol barat itu saya tiba-tiba bengong, saya khan gak tau euy tu service center tempatnya dimana. Yang tau itu mami sama adek saya yang gede. Yang saya ingat sih pokoknya deket Plaza Gajah Mada, dimana kah plaza itu, saya juga gak tau, ngahaha9. Tapi untungnya trus di smsin itu alamatnya sama mami. Saya berangkatnya juga sambil marah-marah sih kemarin itu, hiks.. kacau lah…
Nah alamatnya udah dapet, tapi saya tetep aja gak tau harus naik apa, yang saya ingat tuh pokoknya naik kereta jurusan Kota, turun di Kota trus naik bajaj. Soo, saya pikir berarti saya harus naik bus jurusan Kota. Saya tunggulah itu bus, lima menit ditunggu belum sampe juga, eh yang dateng malah bus jurusan Tanjung Priok. Dengan polosnya saya nanya ke kenek bus itu, soal bus ke Kota ada atau gak, ya jelas aja ada lah yaaa… Cuma yang namanya kenek khan, itu dia sih jawab ada tapi katanya setengah jam lagi, jadi mendingan naik busnya dia aja. Masa sih gitu setengah jam? Tapi ya gak tau lah ya. Akhirnya saya naik bus itu juga sih, saya pikir ya daripada nungguin belum jelas gitu khan, mending ya udah lah naik aja. Toh dari Tanjung Priok ke Kota cuma bentar aja.
Nah saya naik  bus itu tuh jam satu lewat, sampe terminal Tanjung Priok itu jam satu lewat empatpuluh menit. Sejak tadi naik bus saya udah berhitung banyak, malah sejak tau kalo keretanya baru ada jam setengah dua. Padahal service centernya itu tutup jam tiga. Hahaha9. Bagoooooosss…
Dari Tanjung Priok itu saya naik mikrolet M15A, dan ternyata waktu tempuhnya itu tuh setengah jam. Jadi sebenernya sih kayaknya saya malah jadi rugi ya naik bus Tanjung Priok itu. Kalo missal nih saya nunggu setengah jam buat bis jurusan Kota, jadi saya baru naik khan sekitar jam setengah dua[alias sama dengan kereta], nyampe di Kota setengah jam kemudian artinya jam dua. Kalo naik kereta itu sejam, saya gak tau yah kok bisa lebih lama itu kereta.
Nahhh karena saya naik bus Tanjung Priok tadi, padahal sama aja nyampe Kota jam dua lewat, huhu. Cuma bedanya saya gak perlu nunggu di halte depan pintu tol Bekasi Barat sana. Walaupun setelah saya pikir-pikir kok kayaknya gak mungkin akh kalo sampe setengah jam itu bus baru ada, lumayan lancar kok busnya. Gak jarang gitu. Tapi seperti kata Bondan, ya sudahlah yaaa…
Sampe di kota khan ternyata emang harus naik bajaj lagi ya seperti yang saya bilang di atas ntu. Nah itu saya dikasih tau abang sopir mikrolet yang dari Tanjung Priok tadi itu, katanya ada mikrolet jurusan ke service center itu. Jadilah saya naik mikrolet itu. Tapi ternyata oh ternyata, jalanan sangat macet, dan jam di hape saya tuh udah jam dua lewat lima belas. Saya nanya kea bang sopirnya, katanya masih ada empat lampu merah lagi, dan bisa sampe tempat service center itu sekitar setengah jam, itu kalo normal. Nah ini khan macet.
Ujungnya saya turun di tengah jalan yang macetcetcet, ganti naik ojeg deh, mana tiba-tiba gerimis turun. Sempurna lah. Ngahahaha9. Dan voilaaaaa, saya sampe juga di service center tepat waktu, jam tiga kurang sepuluh menit. Haha. Puas saya…..
Untung masnya yang nerima saya orangnya baik, hehe. Cuma dia rada heran pas tau ternyata baru kemarin lepi saya keluar dari situ, kok sekarang udah mau masuk lagi. Haha. Auk dah yaaa… Tapi ada yang agak mengusik saya juga saat si masnya ini nanyain saya kerja dimana sampe gak bisa dateng ke service center hari kerja biasa.
Saya jawablah itu, saya kerja di keuangan susah buat ijin keluar [asalnya karena males kalo harus nerusin percakapan soal ini, hiks]. Lalu dia tanya lagi, keuangan mana ya? Bagian apa?. Dan setelah saya piker ya udah lah, saya jawab aja, di kantor pajak, mas. Eh malah si masnya bilang, wah siapa yang bawa dulu itu? Haduhhh, saya udah tau nih sejak awal kalo ujungnya bakal kesini. Dengan berniat untuk sekedar bercanda saya jawablah, waduh berat mas bawa-bawa saya, beneran deh. Ngahaha9. Lalu masnya nyerah gitu aja? Ya gak lah.  Saya jelasin lah dengan malasnya kalo saya ini dari STAN jadi emang udah ikatan dinas, gak perlu dibawa-bawa karena selain berat juga saya gak mau dibawa-bawa. Haha.
Berakhir lah percakapan gak jelas itu. Setelah lepi saya serahkan, dan saya diberi kartu WO [yang ini work order loh, bukan WO-walk out, hehe] kok saya merasa laper yaaa… Dan saya ingat kalo saya belum makan apa-apa seharian itu, haha. Akibat malas sarapan kalo libur dan menolak disuruh makan siang sambil pergi marah-marah. Makan deh tu marah-marah, haha.
Saya lihat sekitaran situ, gak ada tempat makan yang mendingan gitu. Adanya cuma rumah makan Padang.  Seperti kata Bondan lagi, ya sudahlah.. haha. Saya makan di situ, dan emang ternyata gak gitu enak, hiks.. nasinya aneh gitu…… Tapi lagi-lagi ya sudahlah.
Walaupun udah makan, gak trus saya jadi langsung pulang. Saya lihat jam kok ya baru setengah empat, males bener langsung pulang. Mendingan jalan-jalan dulu. Haha. Dasaran saya tukang jalan, gak peduli dah ada temennya ato cuma sendirian, yang penting jalan!! Hehe.
Cuma eh cuma, lagi-lagi saya bingung. Enaknya jalan kemana yaaaa…. Ke Ancol, ke Kota, atau ke Monas ya… Saya bingung jadinya mondar-mandir. Ke Ancol, males deh, walopun saya suka banget laut, tapi ah, males. Ke Kota makan es potong, biar bisa sekalian pulang, males juga. Ke Monas sih kayaknya yang paling asik. Cuma masih nimbang terus tuh sampe ada lah lima menit mikir mau kemana jadinya.
Dan saya memutuskan untuk ke Monas. Haha. Saya mau masuk ke dalemnya itu loh, naik ke atassssss, tinggi. Haha. Karena dar daerah itu gak ada yang langsung ke  Monas, jadinya saya naik bajaj. Beuh, mantap oi…  Bajaj tu bener-bener deh, mendingan kalo naik bajaj itu siapin sumpal kuping, biar gak berasa nguing-nguing, berisik banget gitu bunyinya.
Gak lama sampe lah saya di Monas, tapi kok rame yaaa, banyak sampah juga. Dan ternyata itu tu emang baru aja ada demo buruh, yah berhubung juga itu tanggal 1 Mei khan.. Pas saya mau masuk ke areal Monas juga banyak polisi jalan berbaris setelah bertugas menjaga aksi demo. Trus juga banyak mobil stasiun tv ples krunya euy, bertebaran di areal Monas.
Sayang sayang seribu saying, ternyata oh ternyata, itu Monas tutupnya jam tiga!!! Aaarggghhhhh… Udah jauh-jauh khaaan, eh  malah udah tutp, sedih lah saya. Saya coba minta masuk bentar aja, ke areal yang deket kaki Monasnya itu aja loh, bukan masuk ke dalam, eh gak boleh sama penjaganya[yang lagi bercanda-canda gak jelas dengan beberapa anak SMA], hiks.. Ya sudahlah, saya ikhlaskan saja deh ya, saya kira juga dia[si penjaga] emang Cuma berusaha ngejalanin tugasnya dengan baik aja kali ya.
Jadinya saya melangkah gontai ke arah jalan, hape saya lowbat juga, gak bawa kamera juga, jadi sama aja, gak bisa poto-poto juga, cuma dapet sedikit sih potonya, hiks. Nah pas lagi jalan itu saya berhenti bentar, haus, mau beli minum, kebetulan ada yang jualan es teh manis di situ. Saya yang biasanya lebih milih minum air mineral ketimbang yang lainnya, apalagi es teh manis yang udah gak dingin begitu khan, kok tumben-tumbenan malah milih itu teh manis. Kalian tau khan es teh manis yang dijualin di gelas plastikan itu, yang biasanya dua-tiga ribuan itu.
Cuma bedanya kalo yang ini yang jual anak-anak, trus emang gak pake mesin, itu dia cuma ngejajain beberapa gelas gitu. Kalo udah habis ya balik ke tempat yang punya, ngambil lagi deh. Karena saya terlanjur memutuskan buat pulang malem, jadi aja saya malah ngajak ngobrol si anak yang jualan itu. Kira-kira begini percakapan saya sama si anak penjual es teh manis :
 
Saya : Rame yah hari ini?
Dia : Yah lumayan, mbak. Gak gitu rame sih, tapi gak apa-apa yang penting khan besok Minggu, biasanya kalo Minggu lebih rame.
Saya : Oh, gitu.. Oh ya, air mancur menari dimana ya?
Dia : Waduh, saya juga kurang tau, mbak. Saya baru sih jualan di sini.
Saya : Oh gitu, emang udah berapa lama jualan di sini?
Dia : Yaaa, baru sebulanan ini lah, mbak. Khan saya juga emang baru pindah ke sini.
Saya : Loh? Emang tadinya tinggal dimana? Di sini tinggal sama siapa?
Dia : Di Bandung, mbak.,. Sama orantua saya. Ini saya jualan juga buat bantu temen saya kok, mbak.
Saya : Oh gitu. Dagang di sini setiap hari?
Dia : Iya, mbak.
Saya : Lah emang boleh sama sekolahnya?
Dia : Khan kalo udah pulang sekolah, mbak.
Saya : Kamu sekolah kelas berapa emang?
Dia : Kelas satu.
Saya : Oh kelas satu SMA?
Dia : Bukan, mbak. Kelas satu SMP. Hehe.
Saya : Oalah, kirain SMA, abisan kamu gede. Hehe.
Dia : Iya, mbak. Khan saya sempet berhenti tiga tahun. Tahun kemarin baru nerusin lagi. Setelah pindah dari Bandung itu.
Sampe di sini saya jadi gak enak, huhu. Gak maksud untuk begitu kok, tapi anaknya emang udah gede, malah lebih tinggi dari saya, hiks.
Saya : Oh.. temenmu yang mana?
Dia : Itu tuh, yang itu. [sambil nunjuk ke anak lain yang gak jauh dari kami, yang fisiknya emang masih kecil bener] Kalo dia jualan emang buat bantu orangtuanya, mbak. Yah, kurang mampu gitu.
Saya : Ohh masih kecil yah dia. Satu kelas?
Dia : Haha9, dia mah chassingnya aja yang kecil, mbak. Umurnya sih sama ma saya, dia juga berhenti sekolah tiga tahun. Sekarang sekelas sama saya.
Dan saya ngakak denger pernyataan si anak ini, bisa-bisanya dia bilang kayak gitu, dasar deh.
Dia : Mbak gak jadi naik ke atas?
Saya : Gak, udah tutup itu katanya. Kamu udah pernah naik ke atas?
Dia : Belum, mbak. Khan pedagang gak boleh naik ke atas.
Saya : Ya jangan sebagai pedangang, sebagai pengunjung gitu.
Dia : Hehe, gak ada duitnya, mbak. Katanya lewat terowongan di bawah sana mbak kalo mau naik ke atas. [sambil nunjuk pintu masuk terowongan]

Lagi-lagi saya speechless, bingung mau ngomong apa lagi. Lebih speechless lagi pas dia bilang kalo rumah dan sekolahnya itu di Depok, tempat yang lumayan jauh kalo dari areal Monas. Dia ke situ bareng sama temennya tadi itu, yang juga rumahnya di Depok, dengan naik kereta. Dan yah, saya jadi tambah speechless pas tau kalo dari Monas itu dia dan temennya jalan kaki ke stasiun Juanda, supaya lebih irit ongkos, karena kalo naik angkot jadinya mahal ongkosnya. Hiks.
Haripun sempurna sore, dan pengunjung Monas satu-satu mulai pulang, kalaupun gak pulang ya beranjak ke areal lainnya. Si anak tadi dan temannya juga memutuskan untuk pulang, dagangan mereka masih sisa beberapa gelas, yang akhirnya terpaksa mereka kembaliin ke pembuatnya, entah di sebelah mana saya juga gak tau. Saya juga gak berani tanya berapa upahnya sehari untuk berjualan itu.
Saya gak langsung pulang, malah duduk deket air mancur kolam, mandangi Monas yang dengan angkuhnya berdiri di depan saya, dengan latar belakang langit yang indah itu. Ah ya si anak itu juga bilang gini, “Yang paling saya suka kenapa ada di sini ya karena itu tuh mbak, setiap sore.. [sambil nunjuk ke matahari yang mulai terbenam dengan latar belakang langit yang cantik]”
Entah lah, saya dia bilang begitu kok saya sepertinya melihat seseorang yang amat tulus, yang gak ngeluh untuk berjualan walau harus jalan kaki trus naik kereta listrik ekonomi, berdesakan, yang di sela-sela semua itu masih bisa menikmati indahnya sore yang ciptaanNya.
Dan saya memutuskan pulang ketika akhirnya saya merasa amat sangat gerah, keringetan banget deh. Saya juga batal buat nungguin pertunjukkan air mancur menari itu, kemaleman menurut saya. Dalam hati, nanti setelah saya ambil lepi saya kalau udah beres, saya mau ajak si anak itu sama temennya buat naik ke Monas bareng-bareng, itu pasti bakal lebih asik ketimbangan saya naik sendirian.
Ah ya, perjalanan pulang saya gak kalah seru sama perjalanan pergi tadi. Saya keluar dari pintu yang dekat dengan masjid Istiqlal, nah di situ saya nanya sama sopir taksi yang lagi mangkal [kesalahan saya yang entah keberapa kali], saya nanya soal angkot ke Bekasi ada gak dari situ. Iya, saya emang gak tau soal balik ke Bekasi dari situ naik apa, haha. Dia bilang gak ada. Ya udah, saya tanya kalo ke Kota naik apa, dia bilang naik taksi aja. Saya juga tau kalo ituuu… Merasa percuma udah buang-buang waktu, jadi mendingan saya jalan aja lah ya sampe ujung jalan kali aja ada bus atau apa. Karena yang ada di situ tu sopir taksi semua, ampun deh. Malah saya ditawarin buat naik taksi aja ke Bekasi. Tolong, tolong. Saya lagi bokek, tolong, hiks.
Ternyata oh ternyata gak ada bus ke Bekasi yang lewat situ, karena sampe saya nyampe di pintu masuk areal Monas yang satunya lagi, yang deket gedung RRI tetep aja gak ada itu bus ke Bekasi, adanya bus jurusan Senen-Ciledug. Saya Tanya ke pak polisi, kalo mau ke Kota selain naik busway, itu naik apa, karena eh karena halte busway masih jauh lagi dekat gedung Kementrian Perhubungan, huhu. Jawabannya tak memuaskan. Untungnya saya ketemu mbak-mbak yang kemudian ngasih tau saya untuk naik bus Senen-Ciledug aja, trus turun di Thamrin, dari situ banyak deh bus ke Bekasi, daripada jalan-jalan ke Kota dulu, malah muter-muter.
Ya ampun, saya bengong deh demi mendengar jawaban itu. Kalo gitu sih saya gak perlu jalan kaki jauh amat begitu ngelilingin areal Monas sampe betis berkonde gini, itu bus khan ngelewatin saya berkali-kali sejak saya keluar di pintu dekat dengan masjid tadi. Huwaaaa… Kacau sekali lah, tega bener si bapak-bapak sopir taksi tadi, kenapa gak ngasih tau, huhuhu9.
Giliran ditungguin eh kok gak muncul-muncul itu bus, ada sekitar limabelas menit baru deh muncul. Dan itupun lucu, haha. Jadi saya khan bilang mau turun di Thamrin yang tempat nunggu bus ke Bekasi, eh saya baru sadar kalo di situ tu cuma ada bus yang dari Tanah Abang jurusan ke Bekasi Timur, lah saya males, jadinya saya naik lagi tu bus itu, dan turun di depan Komdak.  Nunggu bus BlokM-Bekasi Barat aja deh. Haha.
Nah selama di bus ini juga ada kejadian lainnya, cuma saya tulis nanti aja deh, sekalian sama cerita yang lain, hehe.
Oh ya, saya emang beberapa kali main ke areal Monas, tapi belum pernah naik ke atasnya itu, haha. Dan di areal ini emang banyak toilet mobil itu ya, tau khan ya? Tapi saya gak mau nyoba akh pipis di situ, kayaknya menakutkan, heee…

P.S.: Nah ini sebenernya udah saya tulis sejak Senin lalu, cuma karena saya emang kelewat sibuk males, jadi baru selesai hari ini deh. Dan emang sengaja di awal ceritanya itu tetep dibuat kayak gitu supaya ya pokoknya gitu lah. Itupun poto-potonya belum saya masukin sekalian, karena adanya di hape, dan pc kantor gak ada bluetoothnya, cardreader saya ada di rumah, sedangkan lepi saya.. ah ya soal lepi nanti aja di cerita yang hari Selasa, sekalian nanti diedit yang ini buat dikasih potonya. Hoho.
Dan oh ya, backlink itu apaan sih? Saya gak tau. Gimana caranya bikin backlink, dan apa gunanya bikin backlink? Kalo ada yang tau, tolong kasih tau saya yak. Hehe. [gaptek mode nyala nih :p]
 Terakhir, makasih ya udah nyempetin baca cerita saya yang panjang banget ini, heu.. ^^


8 comments:

  1. oot : backlink tuh biasanya kalo kita tukeran link blog kita dg blogger lain. katanya sih utk naikkin page rank or traffic blog. kalo naik, kan blognya jadi bisa utk bisnis spt dpt job review, adsense.

    aku sendiri gak gitu ngerti. cuma baca2 sekilas aja dari blogger lain ttg hal itu.

    ReplyDelete
  2. embaaak es krimnya kok ngga dipasang fotonya toh hehe :D aku pengin...

    ReplyDelete
  3. huyuuuuu
    istilahnya nambah lagi euy, tambah gak paham aja aku, :s
    yowes lah ah, aku juga gak bisa bisnis, ngeblog asal ngeblog aja, heu....

    kalo yang eskrim sebenernya pake kamera, neng
    tapi itu ada di cerita yang hari selasa, bukan sabtu. ceritanya belum ku tulis, heu... :p

    ReplyDelete
  4. aku gak tau backlink... taunya backiax...
    mending aku nanya, "eks anak buahnya gayus yah..?"
    hahahaha pisss

    ReplyDelete
  5. aduh pengen lyat fotonya sa,,,jd kangen monass euy ^0^

    ReplyDelete
  6. kagak kenal gayusssssss.... :39
    huek.

    belum jadi ku aplot kemari, sa..
    ntar malem mungkin, hehe..
    hayuk atuh main2 ke monas, heu... :14

    ReplyDelete
  7. Numpang mampir mpok..!! tenang aje...aye kagak bakalan minta teh manis, tapi kalo ade kopi susu boleh deh...sekalian kuenya ye..! he..he

    Salam kenal & salam hangat dari bang Pendi

    ReplyDelete

Makasi udah baca ocehanku ini, apalagi kalau mau ninggalin komen, hehe.. ^^