Friday 18 June 2010

Es Campur Segerrrr....!

Selamat pagi semua...\^o^/
Selamat berhari Jumat..

Ceria bener deh hari ini... yailayalaaah, bukannya emang selalu ceria yaaa tiap kali Jumat?? Hihi, ya gitu, tiap hari Jumat pasti rasanya jadi lebih ceria deh, ya hari-hari Senin-Kamis juga ceria sih, tapi Jumat lebih ceria.. aduh saya udah melanggar bener deh pake kata ceria tiga kali di satu kalimat, ulangan bahasanya bisa ancur dah nih, haha.. Well, ya lebih ceria karena tiap kali Jumat emang khan waktunya saya pulang ke rumah.. Hehe.. Waktunya ngedapetin dua hari tiga malam dunia nyata saya. Iya euy, saya juga kaget waktu ngomong ke temen saya kalo dunia nyata saya itu cuma dua hari tiga malem, ya pas weekend di rumah itu, itulah mengapa saya jarang banget bisa online kalo weekend, waktunya lepas dari jeratan dunia maya deh, haha. Sisanya yaaa dunia maya, hidup saya berasa maya. Oke lah saya ada di kantor dengan orang-orang nyata, tapi tetep aja saya lebih sibuk sendirian dengan dunia maya saya. Kerja di depan komputer, kalo kerjaan udah selesai ya sibuk mainan blog dan fb, atau gak online sama temen-temen saya nun jauh di sana sana sanaaaa.... Malemnya juga gitu, sibuk lagi di depan laptop, sibuk lagi ngeblog dan fb, sibuk lagi online sama temen-temen saya nun jauh di sana sana sanaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa... Nah khan sengaja emang saya ulang-ulang biar maknyus, haha.

Kok gak main aja sama temen kantor? Yaaaahhh, gak tau yaaaa.. di sini itu gak ada tempat main. Beneran deh. Paling deket ya main tu ke Bogor. Di sini itu gak ada mol atau tempat nongkrong apa kek gitu, adanya danau danau danauuuuuuuuuuuuu... Masa' iya malem-malem mau ke danau? Nah kapan waktu tu sempet saya yang sering main ke Bogor, nonton lah apa lah, bareng sama Arby temen seangkatan saya yang juga sekantor. Cumaaaa, sekarang dia juga sibuk dengan hidupnya sendiri, sibuk dengan bisnisnya itu lah. Sooo, ya udah saya balik lagi dehhh ke dunia maya saya. Online as always. Tapi ya karena saya online itu juga jadi saya bisa ngobrol sama temen-temen saya meski cuma lewat chating. Hiks, sedih amat yak kesannya..... Gak lah, dasar aja saya emang males main kemana-mana kok kalo lagi di kosan, ya karena kudu naik angkot, malessss... heu...


Nahhhh, tadi malem, iya semalem ituu, saya keluar lagi deh dari dunia maya saya. Haha. Iya, saya pergi keluar nemenin sebut saja jeng Widi ke Botani Square [jiyaaah, kirain keluar kemanaaa..] Iya sih emang cuma ke situ, tapi lumayan lah keluar. Cuma emang males aja gitu sih kalo mau kemana-mana itu kudu naik angkot khan, kami berdua sama-sama gak bawa motor ke sini, abisan buat apa juga khan bawa motor. Kosan juga cuma jalan kaki lima menit udah sampe kantor, trus di sini [kayak yang saya bilang tadi] gak ada objek apa-apa yang menarik di datengin. Hehe.

Tapii, karena orang kantor sini tuh emang banyak ya yang tinggalnya di Bogor, jadi kemarin kami itu nebeng. Haha. Acara menebeng yang ternyata amat seru. Iya, seru. bayangin aja ya, jadi yang kami tebengin itu khan [sebut aja] Pak Sam, nah ternyata tuh Pak Sam pulangnya itu bareng istrinya, jadi sopirnya tu jemput istrinya dulu baru jemput Pak Sam. Daaan yang bikin seru tuh ternyata istri Pak Sam ini kerjanya di Hukum dan HAM, kebetulan dinasnya di LP gitu, bagian yang ngebina para narapidana. Yak, gak salah lagii, saya yang emang bawaannya kepengen nanya mulu itu, jadi aja sepanjang jalan nanyaaaa mulu. Nanya ini nanya itu. Heheu. Tapi karena Bu Sam ini baik ya, jadi beliau gak kalah antusiasnya sama saya, beliau jawab semuanya tuh. Nah saya jadi nambah tau deh tentang LP dan isinya.

Umm banyak sih yang diobrolin, apalagi pas ke bagian LP buat anak-anak. Huff.. Denger cerita beliau bikin saya miris. Kok ya anak sekecil itu, sebelia itu bisa-bisanya ngelakuin kejahatan sampe harus menjalani masa tahanan. Bahkan ada yang tega membunuh ibunya sendiri. Ck.. Entah apa yang salah dengan mereka, yah mencari apa yang salah atau siapa yang salah juga bukan merupakan solusi bukan? Yang seharusnya kita perhatikan itu ya gimana caranya supaya gak semakin bertambah anak-anak dan juga orang dewasa yang melakukan kejahatan. Tapi emang sulit banget sih. Bu Sam juga bilang kalo pertambahan jumlah narapidana semakin menggila. LP yang seharusnya hanya berkapasitas seribu narapidana terpaksa harus menampung sekitar duaribu limaratus narapidana. Hari ini keluar lima puluh orang, hari ini juga masuk seratus orang. Sel yang harusnya hanya dihuni oleh delapan orang jadi terpaksa harus menampung duapuluh orang. Gak kebayang khan gimana sesaknya. Hmm..

Dan ternyata ya banyak banget program yang diberikan untuk para narapidana loh. Selain sehari-hari itu dibina dengan berbagai pembinaan [termasuk keterampilan dan tentang etika], mereka juga banyak kegiatan yang ditujukan untuk pemupukan mental yang baik. Trus juga ada yang namanya pembebasan bersyarat, syaratnya itu narapidana tersebut udah menjalani masa hukumannya minimal duapertiga dari masa hukuman dan juga memiliki catatan baik selama berada dalam tahanan. Dan lagi-lagi, kata Bu Sam semua narapidana berhak atas pengajuan pembebasan bersyarat ini. Jadi si narapidana bisa bebas tapi setiap bulannya tetap harus lapor ke LP, dan begitu juga petugas LP akan memantau setiap bulannya datang ke rumah si narapidana. Menurut saya ini adalah suatu hal yang amat adil, jadi kalau emang si narapidana itu sungguhan ingin bertobat maka dia bisa memperbaiki dirinya hingga punya catatan baik dan bisa mendapatkan pembebasan bersyarat tadi. Dan kalau si narapidana ini melakukan kejahatan lagi dan diputuskan bersalah kemudian ditahan lagi, maka dia harus menyelesaikan masa tahanannya yang baru ditambah sisa masa tahanan yang lama tidak termasuk dengan yang di luar tahanan[sewaktu jadi narapidana dengan pembebasan bersyarat]. Cukup adil bukan?

Saya juga tanya soal perbedaan hukuman mati dan hukuman penjara seumur hidup. Lalu beliau menjelaskannya lagi sampai saya paham. Ternyata begitu. Dan sewaktu Pak Sam nimbrung bilang kalo lebih baik langsung aja deh hukuman mati, tembak langsung dor, udah, gak berasa susah deh itu sampe kudu ditahanan seumur hidup. Tapiiii yang bikin kaget tu waktu Bu Sam malah jawab "Ya gak dong, mendingan hukuman seumur hidup, jadi dia bisa tobat, mendekatkan diri ke Tuhan, bisa melakukan banyak kebaikan selama di tahanan. Lagipula khan  bisa aja kalo dia berkelakuan baik, dia minta grasi. Nah jadi masa tahanannya gak jadi seumur hidup deh kalo dikabulin."

Saya dan Widi cuma ngangguk-ngangguk aja. Iya juga sih, setidaknya kalopun [seburuk-buruknya] gak dapet grasi dan segala macem itu, jadi dia emang harus sampe seumur hidup di tahanan, yaaa setidaknya dia bisa tobat dan berbuat baik selama di tahanan, masih ada waktu untuk perbaiki semua meski gak mungkin bisa kembali baik seperti semula. Setiap orang khan berhak mendapatkan pengampunan dan pemaafan.

Well, sebenernya masih banyak banget deh yang dibicarain sampe kami gak sadar tau-tau udah sampe Botani Square. Pamitan dan berterima kasih sama Bapak dan Ibu Sam yang udah rela ngangkut nebengin kita sampe di depan mallnya pula. Haha, mantap lah. Tambahan bonus dapet banyak pelajaran tentang LP dan hal-hal yang ada di dalamnya, meskipun tentu aja masih jauhhhhh dari tau sungguhan. Yah namanya juga perjalanan kurang setengah jam aja, bisa ngobrol banyak seapa sih khann.. Jadi ya segitu aja.

Nahhh, back to topic, emang topicnya apa?, sampe di Botani ya kita lihat-lihat deh, cari barangnya yang kepengen dibeli sama si Widi. Tapi berhubung itu udah magrib, jadi aja deh kita makan dulu. Khan si Widi lagi puasa tuh, jadi kudu buka puasa dulu lah ya sekalian ngisi tangki bensin buat persiapan menjelajahi Botani Square. Setelah makan itu trus solat magrib lah, baru deh tuh keliling nyari tu barang. Dan parahnya saya baru sadar itu kalo saya ke sana itu pake sendal kodok saya. Ampun, jadi itu sendal khan ada boneka kepala kodoknya ya, warnanya ijo-ijo terang gitu. Kerokeropi tau khan? Nah kayak gitu. Aduh, itu saya pake biasanya di kantor kalo udah males pake sepatu. Ini malah saya pake keliling Botani Square. Atasan rapi pake kemeja eh pas dilihat bawahnya kok yaaa kayak anak lima tahun baru bangun tidur diajak main ke mall. Tapi ya sudahlah, emang siapa juga yang mau merhatiin khan? Pede bener bakal ada yang merhatiin.

Yak, acara hunting itu barang kepengenan si Widi pun berlanjut. Dan yah kalian tau lah, anak cewe kadang bisa amat rese ya kalo belanja. Ampun deh. Jadi gini, si Widi khan udah nemu tuh barangnya, tapi masih bimbang soal coraknya. Eh dia malah suruh saya pilihin, ya saya bingung khan. Saya pilih yang A eh dia kata yang B lebih mudaan. Ya udah daripada ribet khan, jadi aja saya bawa itu baju ke si mas yang jaga toko, saya tanya deh kalo si masnya itu maunya yang mana. Nah ternyata pilihannya sama ma pilihan saya. Tapiiiiii, ternyata ukurannya gak ada, ngahaha9 dudul dah. Akhirnya ya udah pilih yang satunya. Oke masalah selesai[saya kira...]. Tapi ternyata enggak. Jadi, dia khan maunya warna ijo, cumaaa yang ada itu warna merah sama biru. Bingung deh dia, yang merah atau yang biru. Lagi-lagi dia minta saya yang milih saya bilang sama aja, mana aja bagus. Eh malah gak mau, saya kudu milih. Saya bilang yang biru. Eh dia kata "masa yang biru? Gak merah aja ya?" Saya jawab lah, "iya deh yang merah lebih glamor." Eh dia bilang "gak ah, masa merah sih? Biru aja deh kayaknya".Trus saya bilang iya iya biru aja, bagus. Malah saya dibilang "ah elu mah iya-iya aja". Nah khan? Aneh khan anak cewe mah... Repot, kalo emang mau biru ya udah biru, gak usah peduli dah orang ngomong apa. Dan saya kalo pas lagi keadaan begitu, saya bakal jawab iya bagus dah, ngahaha9. Karena saya males ribet. Saya juga kalo milih apa-apa gak ribet amat kok, bener. Asal suka, ya udah.

Nah akhirnya dibeli juga tuh yang biru. Pas beli bros juga gitu, saya disuruh milih, nah saya kadang lebih suka yang simple. Jadi saya pilih yang mata brosnya itu abu-abu campur hitam. Padahal dia lebih suka yang warna-warni. Akhirnya dia beli juga yang warna-warni setelah saya bilang "ya udah kali ah, kalo suka mah beli aja". Itu juga khan pake acara tawar-menawar yaaa. Jadi tu ditawarin pertama tuh 65ribu. Saya yang lagi sibuk sendiri gak gitu merhatiin. Si Widi malah langsung nawar 30ribu. Salah beneran dehhh.. Kudunya itu nawarnya 20ribu aja sekalian [iya saya dapet ilmu nawar dari si mami dan si ita, haha], karena palingan itu tu 25ribuan harganya. Si mami pernah beli bros kayak gitu dengan harga 25ribuan. Trus si mbaknya ngotot gak mau, palingan dikasih 35ribu katanya. Si Widi udah napsu banget tuh mau beli. Saya bilang ke Widi buat bilang ke mbaknya makasih nanti deh jalan-jalan dulu, trus tinggalin deh itu kiosnya, nanti pasti dipanggil sama mbaknya. Dan bener aja, kita baru jalan selangkah si mbaknya manggil buat ngasih itu bros dengan harga 30ribu. Nah khann...Dapet khann, haha9. Padahal cuma beda limaribu, tapi tetep aja berasa puas, ngerasa udah menang. Padahal yakin kok si mbaknya udah dapet untung dengan dia jual 30ribu aja, buktinya dia ngasih khaaan...

Ya udah, abis beli itu jadi jalan-jalan aja, sampe kaki pegel banget deh. Si Widi juga sampe kram tuh, iya kram beneran dia. Saya, ummm ummm, yah kaki saya khan alhamdulillah ya emang udah sembuh dari keseleo yang jatuh dari motor itu, jadi sekarang tinggal lecetnya aja yang belum ilang [dan kayaknya bakal lama itu ilangnya terutama bekas lukanya, hiks.. ada yang tau gak obat buat ngilangin bekas luka? Kalo tau kasih tau doooong, hiks..], nah dasaran saya mah tukang jalan sih yaaa, jadi alhamdulillah gak sampe kram, heheu.

Pulangnya karena gak kuat naek angkot, [jaelah, emang aja centil], jadi kita naik si burung biru dah. Ternyata ongkosnya gak beda jauh sama ongkos burung biru Planet Hollywood KC ke rumah ortu saya di Bekasi. Jadi ternyata jaraknya sama toooh yaaa, antara kosan ke Botani Square itu dengan PH KC ke rumah, haha.Tadinya sampe kosan mau nulis ini, tapi apa daya, saya gak kuat deh, tepar.. Jadinya sih jalan-jalan aja dah lihat-lihat, trus ngantuk, tidur deh.

Nah ini baru sempet nulis ya sore ini. Seharian ini sibuk banget euy, busy all the time. Jiyaaah, gaya yak.

Oh yaaa, seneng euyyyy... Paketan novel hadiah dari mbak FannyFanda udah nyampe hari ini, hahaha9. Mantap dahh... Makasi yak, mbak.. :D Saya poto loh, tapi di hapeeee, dan gak bawa kabelnya, ngikngik.. nanti malem deh ya, heheu..

Trusss, tadi itu pas makan siang, sempet beli kado buat CS kantor yang istrinya baru melahirkan, nah anaknya itu cewe khan, jadi kami beli baju bayi yang lucu-lucu gitu. Ada itu baju bayi cewe warnanya kuning, aihh, cantikk bener deh. It looks like a sunshineee... :D Ini juga saya poto, tapi lagi-lagi di hape, ngik...

Apalagi ya? Oh yaaa, mau majang award... Nah ini, ini ada award kembar dari Ria dan Si Tukang Colong yang suka menolong. Nah loh kok bisa sama yaaa? Hihi..


Nah ada juga award dari Yudi, tapi kok banyak amat ya? Saya bingung yang mana yang dikasih.. Jadi saya pilih aja deh satu, heheu.. Takutnya malah kalo dibawa semua ntar dibilang kemaruk, heheu.. Nah ini awardnya :
Makasi yaaa buat Ria, Bli Madi, dan Yudi atas awardnya itu... ^^

Hmm.. Apalagi ya?
Kayaknya sih udah deh.. Huff, lumayan capek juga ya hari ini, heheu.. Tapi tetep aja ceriaaa... Seperti yang udah saya bilang tadi di awal itu, haha. Iya itu emang saya mulai nulis ini tu tadi pagi, cuma aja terus baru satu paragraph, kerjaan saya udah nangis-nangis minta diperhatiin. Jadi deh sore gini baru sempet lanjutin. Cuma khan emang saya sukanya gitu ya, jadi biar aja deh itu tetep selamat pagi, heheu. [ini juga belom seleseeee, saya mau upload itu poto-potonyaaa, tapi gimana dong, laptop saya khan di kosan, hiksss... kabel hape juga gak bawaaa... >.< ya sudahlah..]


Yuhuuu, selamat berakhir pekan, teman-teman..
Happy weekend....!! \^o^/

21 comments:

  1. met sore,,,

    nice, es campurna, yummi..hehe
    kayak cerpen ceritanya, lengkap ada ttg narapidana jg,,bener2 campur2

    ada award jg ,, selamat yakk..

    salam, langit

    ReplyDelete
  2. wah ahri yang menyenangkan kliatane, tambah nyenengin klo aku di traktir makan nih... laper heheh

    ReplyDelete
  3. bnyak award.....^^
    jalan2 selalau menyenangkan..
    sama ong ros..aku jg suka yg simpel ja.. so klo kasi hadiah kan udah tau kesukaanku kan hihihi

    ReplyDelete
  4. Wiih seru ceritanya, selamat juga ya atas awardnya :)

    ReplyDelete
  5. Kadang2 kalo ngumpul sama temen-temen.. Pas ngumpul masing2 pada sibuk sama BB, laptopnya masing2 juga.. Sibuk nulis status di FB "lagi ngumpul nih" he he..

    ReplyDelete
  6. Waaa,,punya sendal keropi jga...mw dunk...
    Kalo ak tiap hari berada di dunia maya...pas weekend pun jg ngenet soalnya...hehehe
    abisnya suka males mw kluar,,udah panas dan gak ada yg menarik..
    Jalan ma org kantor males jga...gak asik..hehe

    ReplyDelete
  7. weekend ditemani es campur..?
    seger bener...
    aku ga punya weekend neh, keluar kota terus...
    sampe ga sempat bw

    ReplyDelete
  8. kunjungan perdana,,salam pertemanan,,,

    ReplyDelete
  9. baca2 berulang2... tp gak tau mo komen apa,,, hehe,, piss... ^_^
    btw, awardnya keren2... ^_^

    ReplyDelete
  10. aku jg lebih sering di dunia maya hehe
    lebih sering ngabisin waktu chatting sama abi :D

    eh dah dipasang makasih ya ^______^

    ReplyDelete
  11. tau dari pak_sam atau pengaLaman pribadi nih, hehehe... piss ach.
    info: award dari ros sudah di posting, siLahkan di cek. jangan guLing-guLingan Lagi yah, nanti disangka bantaL-guLing. wkwkwk...
    seLamat berakhir pekan aja, semoga ros dan keLuarga seLaLu daLam keadaan sehat afiat.

    ReplyDelete
  12. met malam sobat
    kunjunga di akhir pekan ne
    met weekend ya,,,

    ReplyDelete
  13. Selamat ya utk awardnya... :ok

    ReplyDelete
  14. LP anak2... sptnya solusi yg kurang tepat. Apakah tak ada cara lain utk membina mereka selain di LP ya..?
    :?

    ReplyDelete
  15. hoh? orang bekasi juga? kapan balik ke bekasi? hihihi....
    salam kenal ya. makasih udah mampir ke tempat saya

    ReplyDelete
  16. btw, 1 lagi.. kalo keseringan online, bisa2 kemampuan berkomunikasi lisan kita tumpul loh. untuk mengimbangi, sering2 lah kopdar :D

    ReplyDelete
  17. belum update ya? ^_^
    yupz,, hope we can stay connected as a friend...

    met hari senin juga,,, ^_^

    ReplyDelete
  18. selamat [setengah] pagi, semua... :D

    selamat hari senin
    semoga hari ini menyenangkan... :-)

    ReplyDelete
  19. Jadi kangen Bogor booooooo. Kota tercinta yang menemani 4 taun masa gila2an di kampus Darmaga :-)

    NB: Maap yah Say gw belum pasang link nya. ga tau kenapa settingan jadi aneh gituh deh setiap sign-in. Dan secara gw gaptek jadi bingung juga kalo mo add friend kudu gimana coz beda dari settingan biasanya hahaha parrraahhhh!!

    ReplyDelete

Makasi udah baca ocehanku ini, apalagi kalau mau ninggalin komen, hehe.. ^^