Thursday 3 June 2010

GOK's Holiday 1st Day : Pantai, Laut, dan Seafood



Hmmm, bingung mau mulai dari mana euy. Ngikngikngik. Aslinya mau nulis sejak semalam sih, tapi entah deh malessss banget mau mulai nulis itu. Heheu. Gini, sebelumnya saya mau ucapin makasih yang banyaaaaaak banget, kalo bisa dikarungin itu makasih, udah saya karungin kali makasihnya spesial buat Lia yang sudah rela menjadi volunter untuk mengurus berbagai hal yang berkaitan dengan liburan ini. Empat jempol dikali banyak orang deh buat Lia, hehehehe9. Trus juga makasih buat ketiga driver merangkap guide kami, Bli Beny yang udah mau nganterin kami kesana-kemari di Bali dengan sabarnya selama dua hari, juga buat Bli Kubu Bali[aduh, saya lupa ya siapa namanya ituuuu, >.<] yang udah nganterin kami selama seharian keliling-keliling[Bli Beny khan kudu kerja yaaa]. Trus Bli Beny lagi yang udah mau nganterin kita ke pelabuhan Padangbai, trus Mas Wawan yang juga udah mau nganterin kita muter-muter Lombok.

Dan yang terakhir ini kok ya saya ndak bisa bilang kalo dia adalah driver, karena dia emang bukan driver dan kami tidak menyewanya, tapi dia dengan kebaikan hati dan kerelaannya mau ikutan sama kami, dinner dan karaokean juga, yaitu Bli Kadek. Apalagi pas yang lain udah pada pulang, Bli Kadek ini mau nganterin saya sampe bandara nunggu pesawat yang entah kapan datangnya itu, bersama Lia juga tentunya. Makasi banget ya buat Bli Kadek, senang bisa berkenalan denganmu. Dan yang terakhir saya mau ngucapin makasih banyak bangetttt buat semua teman-teman yang udah ikutan dalam liburan kali ini. Iya, karena kalian semua makanya liburan ini jadi rame. Makasi ya, Tirta Purnama, Jerri Saputra, Zainul Arifin, Restu Natalia, Gentur Aji Satyananto, Feri Hesti Rusandy dan Mahardhika Panca Rinintriya. Ah ya juga makasih buat Ipung-Saiful Kamaludin, Heri, dan mas Dedi yang udah mau nemenin main juga.

Nah so so so, yeah, udah dulu ucapan makasihnya, mohon maaf kalau ada yang gak kesebut. Sekarang saya sedang mengumpulkan mood untuk mencoba menuangkan segala cerita perjalanan saya selama sepuluh hari kemarin itu bersama teman-teman saya. Tulisan ini sengaja saya buat sebagai sebuah catatan yang kelak bisa mengingatkan saya bahwa saya pernah melalui sepuluh hari yang seru dan menyenangkan bersama teman-teman saya yang gak kalah serunya. Sengaja dibuat sebagai pengingat karena saya tahu meskipun sekarang saya masih mengingatnya dengan amat segar dan detail tapi nanti di satu saat yang saya belum tahu kapan, kemungkinan ada saja satu-dua hal yang terlupa. Dan alangkah baiknya kalau saya tuangkan dalam bentuk tulisan yang nantinya bisa saya baca kapan saja saya mau. Oh ya, ini tuh catatan dari sudut pandang saya yaa.. Karena yang sepuluh hari di sana itu ya cuma saya, yang lain kebanyakan udah pulang duluan sih, ngakngakngak. So dengan begitu catatan ini pun akan berseri sampe sepuluh, hahaha9. :D

And yeah,, here it is...

~~ooOoo~~

Sabtu, 22 May 2010

Yuhuuu, akhirnya sampe juga pada hari ini, hari yang emang udah ditentuin sama kami [para GOK] untuk janjian berlibur ke Bali dan Lombok. Iyaaa, kami udah nunggu lama untuk bisa sampe pada hari ini, kayaknya sih udah mulai ngebicarain hal ini sejak selesai prajab di Cirebon sekitaran awal Agustus. Ngakngakngak.
Dan akhirnya setelah melalui proses panjang, menunggu lama berbulan-bulan, melalui segala aral rintangan dari mulai Tirta yang kudu diklat tiba-tiba sampe acara ngambek-ngambekan trus akhirnya diklatnya Tirta diundur dan udah gak ada lagi yang ngambek. Huwaa, iya beneran deh, waktu itu sempet kami udah males banget buat ngebahas soal liburan ke Bali ini gara-gara tau kalo Tirta gak bisa ikutan kesana karena kudu ikut diklat. Sampe ngerencanain mau bikin alesan apapun lah biar diijinin buat digantiin itu yang ikutan diklat. Ngakngakngak.

Bermula dari tiket promo yang dikasih tau oleh Jerri. Waktu itu emang kami udah netapin tanggal mau ketemu kapan, tapi masih pada belum beli tiket sih. So, kebetulan banget pas Jerri kasih tau ada tiket promo, besoknya saya langsung beli. Ya ampun iya, Jerri ngasih taunya itu pas saya lagi melakukan perjalanan sembilan hari dari Klaten-Jogja-Malang di akhir Februari lalu [perjalanan yang ini belum pernah saya tulis ya? ampunnnn >.<]. Saya nyampe di kantor itu maskapai juga mepet-mepet jamnya. Jadi khan tu kantor tutup jam empat, nah saya baru sampe itu jam setengah empat. Dan sekonyong-konyong saya memutuskan untuk beli tiket PP sekaligus, berangkat Sabtu 22 May dan pulang Senin 31 May. Ampun, padahal rencana jalan-jalan khan cuma mpe Jumat. Trus sisanya saya mau ngapain coba? Ya saya pikir ambil aja lah, palingan nanti jalan-jalan sendirian. Lagipula Lia khan emang tinggal di Bali. Haha.
So, Sabtunya, pagi butaaaa, iya pagi buta jam tiga kurang saya udah bangun buat siap-siap ke bandara. Emang sih promo tapi berangkatnya jam enam pagi. Aduhduhduh. Untungnya saya barengan sama Jerri[ya iyalah, khan saya beli tu tiket juga karena tau ada barengannya, haha]. Jadi kami ketemuan di pangkalan Damri Giant Bekasi buat naik bus Damri yang jam setengah empat. Sampe sana emang masih kepagian banget sih, sholat subuh juga di sana, hihi.

Untungnya gak delay, kami udah seneng aja duh, hehe. Dan wow, penerbangan
pagi itu seru loh, bisa lihat sunrise dari atas langsung, ngakngak. Gak sunrise amat sih, tapi lumayan lah, itu matahari baru muncul kok. Nah ini potonya, indah banget deh...

Kalo yang ini poto pas udah agak siangan dikit, yah pas udah terang sempurna gitu. Awannya banyaaaaak banget, empuk banget gitu keliatannya, heheu.

Sampe bandara juga tepat waktu, sekitar jam setengah sembilan wita. Trus saya dan Jerri langsung dijemput oleh Lia dan Bli Beny. Tapi karena kami kebelet pipis jadi gak sempet buat poto-poto di bandara. Ngakngak.

Oh yaa, trus juga ya, mungkin lagi-lagi karena kami kebelet pipis, jadi saya kok gak ngerasa gimana-gimana gitu ya pas pertama kali sampe di bandara. Khan banyak tuh yang bilang kalo pertama sampe di Bali bakal ngerasa gimanaaaa gitu. Heheu. Tapi emang sih, baru sampe bandara aja udah disambut dengan wewangian dupa dan bunga-bunga. Yeah, welcome to Bali...
Karena yang lain belum nyampe, jadilah kami ngedrop barang bawaan dulu di penginapan yang udah dibooking oleh Lia. Beneran deh Lia itu te-o-pe be-ge-te banget dalam mengurus segala hal soal liburan kali ini, bener-bener host dan EO yang bisa diandalkan, hoho. Sampe penginapan saya buru-buru mandi, ya walopun tadi pagi buta udah mandi tapi tetep aja rasanya gak enak kalo mau jalan tapi gak mandi dulu, hehe.

Setelah itu kami sambil menunggu kedatangan teman-teman yang lain yang kemungkinan sampenya masih nanti siang hari, kami mutusin untuk lanjut jalan ke Museum Perjuangan Rakyat Bali yang terletak di lapangan Renon. Cuma sayang seribu kali sayang, museumnya tutup karena kami dateng pas banget hari raya Kuningan, jadinya libur fakultatif. Ya kalian tau khan kalo di Bali itu ada yang namanya libur fakultatif? Jadi kalau ada perayaan besar gitu itu semua tempat-tempat wisata macam kayak museum itu tutup, kebanyakan tempat makan juga tutup, kantor-kantor juga yang pegawainya beragama Hindu diberi libur fakultatif. Jadi ya kami cuma berhasil bernarsis dari luar saja.
Nah ini beberapa potonya..



Sewaktu di halaman museum ini, anggota kami bertambah, Feri udah dateng dari pelabuhan Gilimanuk dengan diatarkan oleh Afton. Setelah Feri dateng, lalu kami lanjut jalan ke Kuta, tapi sebelum sampe Kuta, kami jalan-jalan dulu di sepanjang pertokoan di jalan Kuta dan Legian. Selain karena emang kepengen lihat-lihat, kami juga sekalian nemenin Feri yang mau beli batere buat kameranya. Kami juga sempet narsis-narsis di Monumen Bom Bali itu. Nih potonya...

Nah yang di atas itu bingung dah itu, kadang jadi Lingua eh kok trus jadi Trio Kwek-Kwek.. ngekngekngek. Tapi paling suka poto yang di samping ini nih, berasa kayak lagi dimana gitu... Cuma karena ada penjornya itu tetep aja yaaa ketauan kalo lagi di Bali. Ah ya, karena kami dateng ke sana pas lagi hari raya Kuningan seperti yang udah saya bilang tadi itu, jadi sepanjang jalan bisa lihat penjor-penjor menghiasi tiap rumah ataupun bangunan yang ada. Iya, jadi tiap kali Galungan dan Kuningan itu kudu masang penjor [seperti janur kuning gitu] di depan rumah. Tadinya saya malah ngira kalau lagi ada nikahan massal, kok ya semua rumah ada janur kuningnya. Ternyata oh ternyata, malu sendiri deh jadinya, heheu..

Setelah puas jalan-jalan di situ, kami lanjut ke pantai Kuta. Niatnya sih pengen duduk-duduk aja sekalian mungkin cari makan siang disana, malah sekalian deh si Feri mandi tuh karena gak mungkin balik ke penginapan dulu, buang-buang waktu, heheu. Selama Feri mandi kami jalan-jalan aja sepanjang Kuta, eh malah si Jerri jadinya bikin tato henna. Itu loh tato yang cuma tahan beberapa hari itu. Tadinya saya juga mau bikin tapi keburu laper, jadi nanti sajo. heheu.









Yap, kami gak jadi makan di Kuta yang itu, jadinya makan siang di salah satu resto yang emang kayaknya ada dimana-mana yaaa, di Discovery Shopping Mall. Asik banget deh, jadi mallnya ini tuh bagian belakangnya langsung menghadap ke pantai Kuta, dan mungkin ya karena orang-orang dateng ke situ mau ke mall makanya pantainya yang di situ tu sepi, gak serame pantai Kuta yang di sebelah sana tadi itu. Dan pas banget kami dapet tempat yang emang bisa lihat pemandangan langsung ke pantai. Potonya? Adaaaa.... nih... hehe..


Kalo yang atas itu tu bagian belakang mallnya itu, bagus khan, berasa lagi dimana gitu.. Nah kalo poto di samping ini ya di pantai belakang mall tadi. Akhirnya Tirta dateng juga, Lia yang ngejemput sih ke bandara sama Bli Beny. Nah selama Lia ke bandara itu, kami [saya, Jerri, dan Feri] main-main di pantai ini. Seneng banget pas Tirta udah dateng. Yang tadinya belum gitu rame, eh langsung rame bener deh sejak ni anak dateng. Heheu... 

Gak lama Tirta nyampe eh si "Kaka" Gentur malah sms kalo dia udah di bandara. Ya udah deh daripada Lia bolak balik ke bandara lagi khan kasian ya, mendingan ketemuan sama si Kaka di Kuta yang rame aja. Jadi lah kami berangkat ke Kuta yang versi ramenya. Sambil nunggu Kaka dateng, kami malah ngelanjutin acara tato-tatoan yang sudah dipelopori oleh sodara Jerri. Termasuk saya juga ikutan deh, hehe :p

Jadi heran sendiri deh saya dengan kelakuan kami, ngakngakngak.. :p. Kenapa juga kudu pake melet-melet? Si Tirta juga tuh, ditato aja begayanya sombong amat gitu yak, hihi.. Dasar deh ah pada... Yap, alhasil karena saya tatonya di leher situ, dan tatonya baru kering setelah satu jam, jadilah saya tengkleng selama sejam menahan pegal yang sangat-sangat hanya demi tato saya jadinya bagus dan gak beleber kayak tatonya Jerri dan Tirta, padahal mereka tato di lengan loh, hahahaha9. Maapin gw yak Ta n Jer, gw ceritain ini di sini ya, ngakngak :p

Setelah puas bertatoan, kami lanjut berangkat ke bandara, ceritanya sih mau jemput si Zainul yang katanya sampe bandara sekitar setengah lima. Tapi ternyata pesawatnya delay. Jadi mau tak mau ridho gak ridho, Zainul terpaksa kami tinggal karena kami akan mengejar sunset di Tanah Lot. Kami udah nungguin kok sampe jam lima, tapi ternyata Zainul belum juga memberi kabar. Jadi ya sudahlah, terpaksa Zainul bersunset sendirian di Kuta. Oh ya pas di jalan mau ke bandara itu kami papasan dengan orang-orang yang baru selese upacara sembahyang. Ini potonya...

Yap, jadi itu rombongan orang yang habis melakukan upacara sembahyang, terlihat juga ada barong-barongan yang dibawa. Nah kalo yang gambar mobil itu, jadi ceritanya kemarin itu juga baru ada upacara sembahyang besi. Jadi untuk semua benda yang terbuat dari besi [duh saya lupa detailnya] seperti mobil dan motor itu kudu disembahyangin dan dikasih rangkaian bunga dan janur seperti yang ada di gambar. Kata Bli Beny itu tujuannya supaya mobil dan motornya terhindar dari setan pengganggu.

Pas sampe Tanah Lot juga ternyata udah rame banget. Kayaknya semua orang emang kepengen lihat sunset di Tanah Lot ini. Nah itu tuh, udah kayak di pasar yak ramenya.. Tapi emang indah banget loh ternyata tempat ini... Jatuh hati deh beneran... Yang di bawah ini jadi gak keliatan khan ramenya, haha...



Pas kesini juga lagi ada yang upacara sembahyang. Dan yah, sepertinya acara mengejar sunset yang pertama gagal karena langit amat sangat berawan. Tapi kami sempet lihat kawanan burung yang terbang bersamaan gitu. Bagus banget deh.... Saya poto sih tapi kayaknya gak kelihatan deh
kawanan burungnya kalo udah di taroh sini tu potonya. Nah ni, gak keliatan khan?
Oh yaaa, kami juga poto sama ular besar loh.. Awalnya sih saya dan Lia ogah banget deh ikutan poto itu, anak-anak cowok itu aja deh kalo emang mereka mau gitu.. Tapi akhirnya kami menyerah juga, ikutan poto juga deh, ngikngik. Yah meskipun megangnya takut dan jijik, yang penting kena lah potonya. Dan ya, awalnya mereka mau poto dengan mengalungkan ular itu di pundak, ampunnn kami[saya dan Lia] gak akan tahan kalo beneran pose begitu...

Suka banget sama poto yang di atas ini, mukanya Tirta kayaknya yang bahagia banget gitu bisa megang ularnya. Hehe9. Nah kalo poto sebelahnya itu diambil pake kamera lain, jadi satu pose cuma beda sudut, ngikngik.
Kalo yang di samping ini sesi narsisnya nih... Hiyaaa, aslinya mah banyak banget kali sesi narsisnya itu. Bawaannya pada demen-demen banget poto-poto deh kalo udah lihat tempat bagus. :p Oh ya, pas kami asik poto-poto yang di dekat laut dan pura itu ada satu adegan yang bikin ngilu banget. Jadi khan ada cowok bawa-bawa SLR plus tripod, kayaknya sih mau ngejepret pemandangan indah di situ[yaiyalah, masa mau ngejepret lu dan kawan-kawan lu itu? ngapaaainnn...]. Eh tapi parahnya pas ni cowok jalan lewatin karang, malah kena ombak gede banget, basah semua deh itu SLRnya. Kami serempak terdiam demi melihat kejadian itu. Kasian banget deh beneran, sampe kami gak ada yang ketawa.

Tapi ya sudahlah, mau gimana lagi? Ini khan liburan ya. Soo, narsisnya jalan terrrooosss.... 

 
 
STOP!! Udahan ah narsisnya. Zainul mana? Kenapa daritadi gak ada Zainul? Ampun, dia khan masih di Kuta sendirian. So, cepet-cepet kami balik badan, berangkat ke Kuta buat jemput Zainul untuk makan malem bareng. Yah, sayang disayang, niatnya sih kepengen cepetan gitu, tapi macet banget jalannya, seriusan deh. Ini macet selain emang banyak pengunjung juga khan emang lagi ada upacara sembahyang tadi itu loh, khan hari Sabtu itu tu hari terakhir Kuningan, jadi rame banget emang.

Nah poto yang di samping ini ni, poto kami waktu di jalan menuju Kuta, ampun deh pada becandanya pas di sini, ngakak sampe mabok beneran, entah apa aja itu yang kami ketawain gak jelas bener. Bukannya gak menimbang rasa soal Zainul yang lagi sendirian, tapi kami emang udah stress abis ngadepin macet yang panjang banget. Saking pusingnya saya sampe salah ngelihat kalo lampu mobil molen malah saya kira lampu lalu lintas yang merah, ampun deh....
Sampe di Kuta udah malem, yah sekitaran jam delapan gitu. Dan parahnya hape Zainul itu lowbat dan akhirnya mati, dia cuma sempet kirim sms bakal nungguin di depan McD Kuta. Dan ternyata dia beneran  nungguin di situ, duduk selama hampir tiga jam, gak berani kemana-mana karena takut pas kami nyampe dia malah lagi entah dimana. Pesan moralnya, kalo mau berpergian jarak jauh, hendaklah dicek dahulu batere hape anda, jangan sampe ngedrop tu batere apalagi sampe mati yang ujungnya akan mempersulit diri anda sendiri. Dan satu lagi, kalopun udah terlanjur lowbat ya jangan lah itu hape digunain buat hal-hal yang kurang penting seperti misalnya ngapdet status sambil ceting apalagi buat telpon-telponan kesana kemari. Khan mendingan disimpen ya baterenya supaya tetep bisa berhubungan dengan orang yang mau kita temuin. Ya gak ya gak? Heu.. 

Yang di samping ini nih potonya boyband cap apa yeee? Auk dah cap apa, ngikngik. Cap ular juga boleh deh, khan tadi baru megang-megang ular tuh, heheheu... 
Oh ya, back to Zainul. Oke, untungnya ketemu juga. Langsung deh kita cabcus ke Jimbaran. Laper oi, niatnya mau makan di Jimbaran, makan seafood sampe mabok sambil nyobain yang namanya Sambel Matah, sambel khas Bali katanya sih. Dan lumayan enak kok, aroma bawang putihnya kuat banget sih. Tapi sayang banget, gak berhasil minum es kelapa karena udah abis, padahal kepengennya udah sejak waktu di Tanah Lot tadi. Karena buru-buru makanya gak minum di sana, biar minum di Jimbaran aja, cuma kami lagi gak beruntung deh, malah abis tu es kelapa, huhu. Tapi yowes, tetep seneng aja kok. Gimana enggak coba, langit malamnya tu terang banget, berbintang gitu, dinner bareng temen-temen di tepi laut dengan suasana hangat. Rasanya seneng banget deh hari itu. Hehe...

 

Nah ini, hari pertama yang ditutup dengan manis.... ^^
 
Dari kiri ke kanan searah jarum jam : Bli Beny, Tirta, Kaka, Lia, Feri, Jerri, saya, dan Zainul















16 comments:

  1. deuuuy, fotonya bagus2, jadi pengin ke Bali lagi deh.. secara, terakhir kali ke Bali cuma pas perpisahan SMA yang udah sekitar 8-9 tahun yang lalu.. hikz! tuh perjalanan buatku yang pertama sekaligus yang terakhir deh kayaknya..
    abis, ampe skrg blom pernah ke Bali lagi.. :(

    ReplyDelete
  2. Waaaa,,abis dri bali ya..
    Senangnya...ntar aku ke bali pas hanimun aja d..hehe

    ReplyDelete
  3. wah wah wah seneng2 kok ga ngajak aku toh...... gantine minta oleh2 yang tersisa klo gt heheh

    ReplyDelete
  4. fotonya bagus2....jd pgn ke bali....:s)

    ReplyDelete
  5. Liburan yang menyenangkan nih, dimuLai dari jaLan-jaLan meLIhat pemandanagn yang indah sampai pada acara makan-makan, jadi ikutan Laper euy.
    okok Lah kaLo beg beg begono, semoga seteLah berLibur akan menyegarkan pemikiran dan Lebih semangat Lagi daLam berkreasi di dunia nyata dan dunia maya ini.
    seLamat istirahat.

    ReplyDelete
  6. mengunjungi sahabat di dingin nya angin subuh...
    asik juga baca2 disini

    ReplyDelete
  7. Bagus fotonya, postingnya juga bagus, jugaaaa panjang...

    ReplyDelete
  8. hayuk hayuk
    semuanya main ke bali
    bali bagus joger jelek
    [loh? kok malah jadi pake mottonya joger sih? hehe]

    ReplyDelete
  9. JIAHAHAHAHA

    diposting juga yaa akhirnyaa...

    ga pake bersiteru dgn sodara tirta kan yaaa??

    LOL

    ReplyDelete
  10. Wah, Anak cucunya tentu seneng neh kalo mereka nanti bisa ngliat 30 tahun lagi.. heheheh

    ReplyDelete
  11. Bali memang Indah, terlihat dari foto2nya. begitu kentara, mungkin lebijh indah sekarang daripada dulu, sat saya kesana sewaktu sma...

    ReplyDelete
  12. wuihhh, postingan yang panjangggg :D
    saya tertarik dengan foto yang gendong ular >.<

    ReplyDelete
  13. yoi, mas buwel
    bali sekarang emang jadi lebih indah,,
    heheu

    seru loh ca poto sama ular :D

    ReplyDelete

Makasi udah baca ocehanku ini, apalagi kalau mau ninggalin komen, hehe.. ^^