Thursday 10 June 2010

GOK's Holiday 2nd Day : Danau, Gunung, dan Pura


 
 Sunrise at Pantai Matahari, Sanur

Yuhuuu…

Akhirnya saya mood juga buat nulis cerita perjalanan Bali-Lombok hari kedua. Well, jujur aja, bukannya saya males nulisnya, tapi emang ada aja halangannya. Hahaha9, cari-cari alasan aja ya saya ini… :p Oke deh, here it is..
--oOo-- 
Minggu, 23 May 2010
Alarm nyala jam setengah lima, bangun deh. Trus lanjut mandi karena emang rencananya khan mau ngejar sunrise ya hari ini tuh. Semalem sih udah pada dikasih tau kalo kita berangkat jam lima subuh. Eh eh eh, pas saya udah selesai mandi n siap berangkat[sekitar jam lima lewat lah], saya ketokin deh itu pintu kamar temen-temen yang lain. Ternyata oh ternyata, mereka semua masih tidurrrr…!! Padahal khan janjiannya jam segitu udah jalan. Berantakan deh semua. 
Yah, alhasil kami sampe di Pantai Matahari-Sanur sekitar jam setengah tujuh lebih. Mataharinya juga udah muncul gitu. Yah walopun masih belum tinggi amat sih. Cuma khan… tapi ya sudahlah ya. Khan masih ada hari esok juga. Hehe. Di samping itu tu poto pas mau berangkat, langitnya aja udah biru ya....



Nah di pantai ini nih kita jajan lumpia gitu. Cuma kita dimahalin euy, kata Ita biasanya itu harganya cuma tiga ribuan, nah ini kok kami beli jadi lima ribuan. Ya sudahlah ya, mungkin karena kami turis kali ya, makanya dimahalin. Ngakngakngak.
 

Setelah puas main narsis di situ, kami lanjutin berangkat ke Kebun Raya Bali yang terletak di Bedugul. Setelah sampe sana ternyata baru aja buka, malah buat yang bagian kaktus-kaktusan itu khan ada di ruangan khusus gitu ya, belum dibuka juga pintunya. Akhirnya kami nunggu bentar deh sampe pintunya itu di buka. 


 

 








Ah ya, ada yang menarik dari kebun raya ini, yaitu ada di satu sisinya kita bisa lihat pemandangan Danau Beratan dari sana. Jadi emang indah banget deh pemandangannya itu. Nah ini potonya. So beautiful, rite?

Perjalanan selanjutnya ya tak lain tak bukan adalah Danau Beratan itu tadi. Sampe danau kok berasa laper ya.. Tadi pagi khan cuma makan lumpia aja tuh, dikit banget juga. So, makan dulu deh. Dan pilihan kami jatuh pada si bakso pake lontong. Iya, beneran. Jadi baksonya itu selain pake bihun atau mi kuning juga bisa pake lontong. Saya juga baru nemu deh bakso pake lontong ya di situ itu. 
 

Setelah mengisi tangki bahan bakar [sarapan], kami naik speedboat berkeliling danau. Cuma karena speedboat itu muatnya sedikit, jadi dibagi dua deh. Saya, Ita, Tirta dan Kaka barengan. Jerri, Feri, Zainul, dan Restu di speedboat satunya. Ah ya, jalan-jalan hari ini Restu ikutan loh. Heheu. Nah poto di bawah ini nih speedboatnya Jerri dkk.

 






Naik speedboat ini beneran seru deh. Sama bli yang ngendarain speedboatnya itu tu dibuat jadi seru gitu. Goyang sana goyang sini. Pokoknya wahana halilintar aja kalah deh. Coz init uh kita gak pake pengaman sama sekali, bikin jantung deg-degan banget lah. Ah yaaa, ternyata yaaa, pura yang ada di uang limapuluh ribuan itu tuh Pura Ulun Danu yang ada di Danau Beratan ini. Parah deh, saya kami ngiranya tuh pura di uang itu tu Pura Besakih, makanya pas pura yang di danau ini ndak gitu kami perhatiin, dan ndak sempat poto-poto juga. Huwaaa… Ni ada satu poto yang diambil sama Feri di danau ini, latar belakangnya Pura Ulun Danu itu, yah cuma yang jadi fokus itu si bunganya sih, hiks.. Bagus euy bunganya, heheu..

Yah tapi sudahlah.. Pas kami ngelanjutin perjalanan juga kami belum sadar sih kalo itu tu puranya. Sadarnya ya pas udah di Pura Besakih, pas lihat kok bedaaaa ma yang di uang? Eh ternyata ya emang salah pura. Hehe9.

Lanjuttt ya, perjalanan lanjut ke Teman Joger, itu loh Tempat Penyaman Joger yang ada di jalan menuju Bedugul. Jadi Joger gak mau nyebut itu sebagai cabang, karena Joger gak buka cabang, akhirnya dikasih nama ya itu tadi. Nah di sini ini deh para kaum pria ini berbelanja, sedangkan saya yang wanita bersama Ita malah nungguin aja di luar karena keburu pusing lihat orang banyak gitu buat belanja-belanja. Ya belanja juga sih, tapi cuma beli sandal jepitnya aja. Haha. Sisanya? Narsis-narsisan lahhh… ngakngakngak.. Oh yaa, yang lucu lagi ya Joger ini bukanya dari jam 10.00 s/d 18.00 WIJO yaitu Waktu Indonesia Bagian Joger alias suka-suka mereka mau buka jam berapa mau tutup jam berapa karena khan emang gak pake standar WITA. ada-ada aja deh.. Kata-kata di bawah ini cocok banget deh pokoknya, haha... Trus yang di bawahnya itu tuh, pulang belanja pada naik "Bemo Crazy"-nya Joger.



 
Yap, target selanjutnya itu adalah Kintamani, jadi rencananya kami mau makan siang di Kintamani dengan pemandangan Gunung Agung dan Danau Batur. Tapi sepertinya makan siang pun telat, karena ya sejak tadi udah banyak telatnya, nyambung deh ke jadwal selanjutnya.

Di perjalanan sempet mampir di toko perak di daerah Celuk. Ah ya, saya udah tidur sampe puas tuh karena saking jauhnya. Pas sampe Celuk itu saya ikutan turun ke toko, yang lain sih lihat-lihat gitu. Tapi saya, lagi-lagi saya gak minat buat belanja. Saya malah buru-buru cari toilet karena udah kebelet pipis. Eh pas saya udah selese pipis, saya malah kaget kok yang lain udah gak ada di toko. Ternyata udah di dalem mobil semua, gak ada satupun yang jadi beli tu perhiasan perak. Heheu.

Sayangnya pas lewatin Ubud pas banget hujan, jadilah hanya bisa memandangi sawah-sawah yang tersusun rapi dari dalam mobil. Gak bisa keluar, gak bisa narsis-narsisan. Huhu. Gak sempet juga buat lihat lukisan atau kerajinan di galeri-galeri sepanjang jalan itu. Iya, beneran deh, kayaknya kami itu salah waktu ngambil liburan. Selama kami liburan itu kayaknya diikutin sama hujan kemana-mana, selalu aja ada hujannya. Huhu. Tapi ya sudahlah ya…

Sampe Kintamani hujan udah agak reda. Kami sengaja pilih resto yang emang pemandangannya langsung lihat ke gunung dan danau Batur itu. Restonya buffet gitu sih, ya makanannya bisa dibilang oke lah, sepertinya sih emang lebih kepada menjual pemandangan. Hehe. Ah ya pas sampe sini tuh Gunung Baturnya masih ketutup kabut gitu karena khan habis hujan ya. Trus lihat kabut yang turun pelan-pelan, yang akhirnya ngebuat gunungnya terlihat. Itu tu indah banget deh. Tiba-tiba jadi romantis banget gitu suasananya. Ini potonya waktu kabutnya pelan-pelan turun.

 

 Yooo, setelah kenyang, puas poto-poto, puas menikmati pemandangan yang amat indah itu, kami lanjut jalan lagi deh. Tujuan berikutnya itu adalah Pura Besakih, dan melewatkan Monkey Forest karena sepertinya gak akan terkejar kalau ke sana dulu. Tapi sepanjang jalan udah banyak juga kok kelihatan monyet-monyet ada yang berkeliaran gitu.

Sampe Pura Besakih itu udah sore euy. Dan karena para cecowok itu pake celana pendek jadi ya beli kain dulu deh, karena kudu ketutup gitu katanya buat masuk ke pura itu. Nah mereka ini [Tirta, Jerri, dan Zainul] kompakan beli kain Bali itu, lucu deh jadinya ngeliat mereka kayak gitu, hehe. Yang bikin  lucu lagi khan bli  yang jadi guide kami bilang yah katanya ke atas itu[ke pura] gak boleh pake mobil, kudu jalan kaki atau naik motor. Yowes lah, kami milih naik motor, abis katanya lagi, kalo jalan itu bakal jauh banget. Ternyata oh ternyata deket bener euy padahal diskusinya itu tuh sampe makan waktu lumayan lama. Diskusi mau naik motor atau jalan kaki, belum yang gak bisa naik motor gimana, yang bisa naik motor tapi gak bisa ngeboncengin juga, aduh ribet deh. Emang sih menanjak gitu jalannya, tapi ya gak segitunya sih. Oh ya, pas nyampe puranya gak tau ya kenapa saya jadi mendadak lebih kalem, khan aslinya emang udah kalem. Sampe pas mau poto di kaki pura itu aja saya takut-takut gitu deh. Heheu.

Nah trus diceritain deh sama si bli tentang banyak hal soal pura, agama Hindu, dan macam-macam. Katanya pura itu khan berundak-undak gitu ya. Nah pura paling tinggi itu tu yang undakannya sampe sebelas tingkat, paling sedikit ya satu tingkat. Tapi ya itu, gak boleh lebih dari sebelas, dan harus ganjil.
Pas sampe di pura ini juga lagi ada yang upacara sembahyang. Sebenernya kami juga ditawarin sama bli-nya itu, mau sembahyang juga atau gak. Ya gak barengan sama yang lagi sembahyang di pura utama sih. Cuma nanti dikasih tau tata cara sembahyangnya, dan katanya itu boleh untuk semua agama, gak harus Hindu. tapi ya karena kami emang gak ada yang Hindu, dan merasa kalau aneh aja gitu sembahyang di tempat yang emang bukan tempat biasa sembahyang menurut agama kami masing-masing. Jadi gak ada deh yang coba sembahyang. And hey, I got the picture of Balinese girl, hoho.. :D





Ah ya, kalian tau khan kalo orang Hindu khan suka pake beras di kening atau di pangkal tenggorokan[iya ya itu pangkal tenggorokan khan?], itu tuh katanya gunanya untuk membersihkan pikiran untuk yang ditaroh di kening, kalau untuk yang di pangkal tenggorokan katanya supaya yang diucapin itu yang baik-baik. Gitu sih katanya. Yah masih banyak banget sih yang diceritain, cuma saya lupaaaa, saking banyaknya, heheu.
Nah sebenernya masih ada empat pura lagi ya yang termasuk kompleks pura di situ itu. Cuma karena keterbatasan waktu, kami cuma ke Pura Besakih aja deh. Setelah puas mendengarkan penjelasan dari bli kami lanjut deh balik kanan buat ngejar nonton Kecak Dance di Batu Bulan. Nah pas balik ini, saya, Restu dan Ita beli kain pantai samaan, niatnya sih mau dipake pas nonton kecak dance itu. 
Tapi ternyata harapan tinggal harapan, kami kejebak macet yang amat sangat. Sampe di Batu Bulan udah jam tujuh, sedangkan pertunjukkannya itu tu udah sejak setengah tujuh, dan selesai jam setengah delapan. Jadi sayang banget khan kalo kita baru dateng jam segitu, cuma lihat sebentar gitu. Jadi yowes,.. Kami mutusin buat ke Erlangga aja, belanja oleh-oleh[lagi]...! Hahaha9.


Ah ya, ada yang seru banget sewaktu perjalanan hari ini. Tapi saya lupa tepatnya sewaktu di jalan dari mana menuju kemana, yang jelas kejadian ini tuh nyelip diantara perjalanan kami yang jauh-jauh itu. Jadi kami khan udah hampir bosan juga ya di dalam mobil, gak nyampe-nyampe. Nah biasalah kami jadinya ngobrol ngalor ngidul gak kejuntrungan gitu. Tiba-tiba entah dari mana awalnya, kok kami jadi ngobrolin facebook. Kami ngobrolin soal segala fenomena yang terkait dengan facebook ini, dari mulai para ababil yang suka nulis aneh-aneh sampe ke orang-orang yang sepertinya hobi banget ngasih tau segala macam kegiatannya ke publik lewat status update itu. Dan gak disangka kami sampai pada topik mengenai seorang wanita[sebut saja sang peri] yang menjadi mutual friend kami [juga mutual friend banyak temen-temen almamater kami] yang ternyata gak ada satupun dari kami yang mengenal sang peri. Jadi lah kami bingung dan tertawa sampai hampir bodoh karena lelucon ini. Iya, saya dan sang peri ini bahkan punya mutual friends sebanyak seratus lebih, wajar khan kalau saya[juga temen-temen saya lainnya] menyangka kalau sang peri ini emang teman satu almamater kami. Tapi yah, kenyataannya diantara kami berdelapan gak ada satupun yang kenal dengan dia. Lucu banget khan. Dan kami rasa temen-temen kami yang lain lagi[yang gak ikutan liburan sama kami] gak kenal juga sama sang peri. Nah, tapi cuma sampe situ aja sih cerita sang peri di liburan hari kedua ini. Nanti ada kelanjutannya di hari yang lain.  
Sampe di Erlangga para cecowok ini semua sibuk deh belanja ini itu. Saya? Lagi-lagi untuk ke sekian kali saya gak minat belanja. Saya malah ketemu sama temen saya yang jago banget nulis itu, hoho. Iya, dia emang jago banget nulis, kagum deh sama dia. Sebenernya kami satu almamater, cuma emang pas kuliah kayaknya sih belum pernah ketemu. Jadi ekmarin itu tuh ketemu pertama kalinya, hehe. Iya, siapa lagi kalo bukan Ipung, yang jago nulis dengan berbagai macam tema, heu.. Cuma sayang sih gak bisa ngobrol banyak, karena emang udah malem banget. Ah ya, soalan saya gak minat belanja hari ini tu karena saya masih lama di Bali, jadi masih banyak waktu buat saya belanja dengan tenang dan tidak terburu-buru, hahaha9. Curang ya saya... Emang... :p
Setelah dari Erlangga tu makan malem. Hujan lagi deh... Pas tadi di jalan mau ke Erlangga juga hujan. Pas makan malem ini juga hujan. Dan malem ini kami berbeda seratusdelapanpuluh derajat dengan makan malem kemarin, kami makan di tenda biru pinggir jalan gitu. Yah pertama sih karena hujan dan karena udah pada kelaperan berat, jadi gak sempat deh cari-cari resto dengan view yang oke.
Habis makan trus langsung ke penginapan. Para cecowok ini sih langsung pada tidur kayaknya, karena emang capek banget khan. Tapi saya dan Ita malah keluyuran naik motor. Gak keluyuran sih, cuma khan besoknya itu Senin dan Ita khan kudu kerja, jadi kami dianterin ke kosan Ita setelah nganterin para cecowok ini ke penginapan. Ke kosan Ita sih mau ngambil motornya itu, jadi besok subuh kami pergi main nah Ita berangkat ke kantor. Gitu deh rencananya. Ya kenapa Ita tetep nginep di situ, ya karena buat nemenin saya. Baik banget deh beneran. Heheu. 
Jadi kami ke Circle K dulu tuh, beli roti-roti buat sarapan besok pagi, hujan-hujanan pula. Canggih lah, keliling kota tengah malam hujan-hujanan. Abis itu ya pulang ke penginapan. Begitulah... Hari kedua usai sudah... Heheu...

16 comments:

  1. buseeet dah...
    jadi pengen muda lagi, biar bisa bebas jalan jalan...

    ReplyDelete
  2. hwaaaaa,,,jadi makin pengen ke Bali...
    aku baru skali doang ke Bali,,,itupun uda lamaaa

    ReplyDelete
  3. ke joger beliin aku kaos ga ni heheh

    ReplyDelete
  4. baLi ada di mana sih?, masih di indonesia yaw?

    ReplyDelete
  5. senengnya ..... aku jadi pengen ikutan, :D,

    ReplyDelete
  6. huhuhuhu....sayang gue ga nemenin kalian mpe tuntas di hari kedua...
    serulah pasti klo jalan ma kalian biarpun itu ke mana aja...rame pisan euyy..

    ReplyDelete
  7. wah senengnya punya waktu untuk berlibur dan ada biaya juga aku kpn ya.. :((

    ReplyDelete
  8. kaos joger? wah, suka tuh

    ReplyDelete
  9. :ok:ok:ok:ok

    Rame bangets!!! Pengen ikut!!!

    ReplyDelete
  10. Bali o wae nang Yogya, eh kok dagadu sih .. hehe..
    belum pernah kebali euy, jadi pingin nih.

    ReplyDelete
  11. Sanur, bedugul, beratan, kintamani, besakih. pertualangan yang menakjubkan apalagi isi gambar. lain kali kalu harus nyoba yang lain, masih banyak, seperti ubud dan daerah bali utara plus timur..:)

    ReplyDelete
  12. hayuk kita semua ramean maen ke bali yuk... :D
    trus jadiin si tukang colong hostnya, hehe9.. :))

    ReplyDelete
  13. hahahahahaaaaaa...

    seruu juga yaaa...

    gw berasa keren aja pake itu sarung....

    gw bawa ke sampit lohh....

    cant hardly wait liburan bareng sama GenkOrangKaya plus additional Membernyaa...hahahahaha

    yang hari tiga jgn lupa dipost ya jingga!!!

    yg kebanyakan minum aer asin ampe perih tenggorokan, ampe bikin pasir mesum buat feri...

    spa2 yg "merasa ditelanjangi" juga yaaa....
    hahahahaa

    ReplyDelete
  14. waahh,,very nice journey^^
    mau oleh2nya dooong ...ehehehehe :)

    ReplyDelete

Makasi udah baca ocehanku ini, apalagi kalau mau ninggalin komen, hehe.. ^^