Thursday 8 July 2010

AKU : M2M!!!

 M2M!!

Did I lose my love to someone better..
And does she love you like I do..
I do, you know I really really do...


Eitssss... Bukan. Bukan. Ini bukan tentang dua cewe manis yang sempet tenar bener jaman kita masih jadi remaja puber itu. Ah iya, mereka emang tenar banget khan? Setidaknya lagu yang di atas itu sama lagunya yang "Oh mai preti preti boi" ntu, semua pasti tau lah ya.. Itu waktu kemarin di Bali karaokean sama temen-temen saya aja pas nyanyi lagu yang di atas itu semuanyaaaaa pada hapal, kita nyanyi-nyanyi pas lagi di perjalanan juga pada hapal semua tanpa text loh, hehe. Nah khan jadi ngaco. Udah cukup deh ngaconya.

Oke, sebenernya sih M2m di sini tuh "malu dan maaf". Kenapa kok tiba-tiba bahas itu sih? Sebelumnya saya mau nanya dulu deh apa sekarang ini tuh budaya malu dan budaya maaf tu udah beneran parah kah? Apa sekarang ini orang-orang udah gak peduli lagi dengan yang namanya malu dan maaf? Dimana sih perasaannya? Hati nuraninya?


Huff, well, jujur aja tadi sore itu saya muak banget lihat satu kejadian. Jijik!!! Itu yang langsung terpeta di kepala saya. Sungguhan. Jadi ceritanya saya mau jalan-jalan sore tuh kayak biasa sepulang dari kantor khan, udah ganti sepatu kets plus kaos juga dan kali ini saya udah siap bawa payung gak kayak tempo hari saya kejebak hujan karena gak bawa payung. Nah kebetulan kejadiannya itu tuh tepat di seberang saya, garis lurus dari tempat saya berdiri siap-siap mau nyebrang jalan. Jadi itu tu ada warung pecel ayam yang baru aja siap-siap buat buka cuma tendanya emang udah kepasang sempurna, udah berdiri lah. Well emang di pinggir jalan sih, cuma gak pinggir jalan banget kok, di trotoar gitu tapi tetep aja ada faktor kesalahan dari si penjual ini juga sih ya kenapa juga jualan di pinggir jalan gitu khan. Nah jadi tuh ada sopir angkot yang tiba-tiba aja, entah apa pasalnya, sampe minggir banget dan nabrak tiang bambu penyangga tenda si penjual pecel ayam sampe tu tenda roboh.

Sontak aja ya si ibu penjual itu marah-marah nyerocos sambil teriak-teriak ke sopir gak tau malu dan gak tau adat plus gak tau pelajaran "meminta maaf" yang malah cengar-cengir kayak orang gak berpendidikan [maaf saya jadi kasar, sungguh deh gak ada kata lain yang lebih cocok buat disematkan di muka gak tau malunya itu]. Sedangkan suaminya si ibu penjual pecel malah diem aja gitu, diem padahal istrinya lagi teriak-teriak sambil diketawain si sopir gak berpendidikan itu. JIJIK!!!

Saya yang cuma lihat dari seberang jalan aja udah langsung muak, apalagi si ibu itu khan. Bukannya turun kek minta maaf terus bantu benerin tenda si ibunya, eh ini malah ketawa cengar-cengir!!! Parahnya tu sopir pake acara ngeliat ke saya pula yang bengong karena jijik ngeliat dia, masih sambil ketawa cengar-cengir. Dan saya cuma bales dengan pandangan jijik sejijik-jijiknya. Apa sih yang ada di pikirannya tu orang kalo gak mau saya bicara kasar dengan ngelemparin pertanyaan "otaknya tuh gak dipake mikir apa???".

Dia tuh gak pernah gitu diajarin sama entah siapa lah, sewaktu kecilnya kek sama orangtuanya, atau sewaktu sekolahnya kek sama gurunya, atau sewaktu beranjak dewasa kek sama temen-temen atau siapa lah, [jangan sampe saya malah sampe nyebut diajarin sama setan -setan punya malu dan bisa minta maaf gak?-, nanti saya beneran jadi kasar banget deh di tulisan ini, huff... maaf saya beneran emosi jiwa ngeliatnya... T.T], siapapun lah yang pernah sekaliiiiiiiiiiiiiiii aja ngajarin itu sopir tentang artinya malu dan maaf. Please, seharusnya dia tuh minta maaf karena udah nabrak tenda si ibu tadi bukan malah ketawa cengar-cengir. Seharusnya dia tuh malu dengan kelakuannya itu!!! GAK ADA YANG LUCU!!!! Beneran gak lucu!! Kenapa dia malah ketawa-ketawa??

Dan si ibunya itu, ngapain juga pake teriak-teriak? Buat apaaa? Cuma buat diketawain sama sopir gak berpendidikan itu tadi! Mendingan ya si ibu itu ambil itu air di ember yang ada di deketnya itu [iya beneran ada ember berisi air di situ] trus siram deh ke tu sopir. Atau sekalian aja berdiri di depan angkotnya suruh tu sopir turun trus benerin tendanya. Huff, gak lah gak. Gak boleh juga kayak gitu. Seharusnya si ibu itu jangan lanjutin teriakannya saat si sopir itu udah ketawa-ketawa, tapi langsung aja suruh dia turun dan benerin tenda. Udah. Itu aja.

Tapi khan kejadiannya enggak gitu, si ibu itu tetep teriak-teriak dan si sopir sambil ketawa cengar-cengir berlalu begitu aja ngelanjutin perjalanannya sama penumpang yang juga cuek banget liat rame-rame gitu dan si suami juga diem tanpa berbuat apa-apa. Dan saya payahnya cuma bisa nonton dari seberang. Iya, saya emang selalu kesulitan tiap kali nyebrang sendiri, harus nunggu bener-bener sepi banget sampe pernah kapan waktu saya harus nunggu limabelas menit cuma buat nyebrang nunggu orang yang mau nyebrang juga. Lagipula kalopun saya bisa langsung nyebrang sebelum tu sopir pergi emang saya trus bisa apa gitu? Bantuin si ibunya mecahin kaca tu angkot? Wuahaha9, pikiran saya jadi ngelantur nakutin gitu sih... Gak khan ya, saya gak bisa ngapa-ngapain juga. Itu yang bikin jadi tambah muak. Ada suatu kejadian buruk di depan kita tapi kita gak bisa buat apa-apa. Berasa payah banget.

See, apakah sekarang budaya malu dan maaf itu udah bener-bener parah banget kah? Huff.. Gak habis pikir. Belum lagi tadi siang pas saya lagi lunch sama temen saya, ada pengamen dateng. Saya udah bilang maaf sambil berusaha senyum tapi dia masih aja terus nyanyi dengan suara super pelan kayak orang kumur-kumur gak jelas bunyi apa. Trus temen saya juga ikutan bilang maaf, kekeuh aja masih nyanyi-nyanyi. Ya udah kami cuekin aja, eh dia pergi deh akhirnya. Bukan, bukannya kami gak mau ngasih barang limaratus atau seribu. Tapi kalo saya, entah ya kalo temen saya mikirnya apa, saya gak ikhlas aja ngasihnya. Tu pengamen laki-laki, masih muda, dari badannya keliatan dia sehat, dan yang terpenting dia gak bisa nyanyi dan petikan gitarnya ngwur kemana-mana, jadi rasanya gak pantes aja dia kayak begitu.

Dia khan bisa cari kerjaan lain yang lebih bermartabat? Gini loh, jujur aja saya emang paling gak suka sama pengamen yang kayak gitu, yang emang gak bisa nyanyi dan gak bisa main gitar tapi maksain jadi pengamen trus menclok sana menclok sini ngarepin recehan dari orang-orang yang kepaksa ngasih karena males dengerin dia lama-lama kumur-kumur di depan orang yang ngasih itu. Beda halnya dengan pengamen yang emang bisa nyanyi dan suaranya enak plus bisa dinikmatin. Kalo yang kayak gitu saya pernah ketemu beberapa di bus patas ac 05 jurusan Blok M - Bekasi, itu waktu saya masih kuliah dulu, dan emang pengamen ini patut dikasih penghargaan lah barang seribu rupiah sih. Atau juga kayak sekelompok orang yang ngamen barengan di kereta kapan waktu saya pernah ketemu itu. Mereka masing-masing bawa alat musik yang emang mereka bisa maininnya. Jadinya bisa dinikmatin. Nah yang kayak gitu baru deh pantes dibilang pengamen, karena mereka emang bisa. Bukan pengemis yang berkedok jadi pengamen.

Sungguh, saya gak pernah berpikiran untuk merendahkan pekerjaan jadi seorang pengamen, malah mereka patut dikasih penghargaan kok karena udah menghibur penumpang yang kadang kelewat penat setelah menghadapi hari. Tapiiii dalam artian dia memang sungguhan bisa melakukan itu, bukan sekedar kumur-kumur sambil genjrang genjreng gak karuan. Mendingan mereka kerja apa kek, jadi apa kek, pokoknya yang gak ngejual harga diri kayak gitu sampe rasa malunya pun udah putus, udah gak ada. Gak malu kah mereka??? Bahkan saya sering melihat nenek-nenek yang meski udah tua masih aja bekerja dengan cara mengumpulkan sampah bekas botol minuman atau apa saja yang masih bisa dijual lagi demi mendapat uang untuk makan dengan cara yang lebih mulia ketimbang mengemis. Gak malu kah laki-laki tadi kalo semisal ketemu sama salah satu dari nenek-nenek hebat itu? Udah putus kah rasa malunya? Cih...

Jadi aja seharian ini saya ngerasa muak banget. Muak dan jijik. Seolah-olah rasa malu dan maaf itu udah jadi barang yang amat langka sekarang ini. Padahal itu tuh modal dasar, modal mula-mula, gratis dikasih sama Tuhan untuk semua manusia. Kenapa? Kenapa bisa hilang gitu aja? Huff... Miris.

Ayolah, kita yang masih [merasa] punya malu dan tau pelajaran maaf terus lah dijaga, jangan sampe terkikis dan lama-lama hilang. Saling mengingatkan kalau-kalau ada orang yang kita kenal jangan sampe kehilangan rasa malunya. Jangan sampe kamus hidup kita kehilangan dua kata itu, malu dan maaf.

Jangan, jangan sampe. Jangan sampe dua kata tadi plesiran entah kemana sampe lupa jalan pulang ke hati kita lagi. Jangan ya, temen-temen. Jangan sekali-sekali.

Sekalipun sedang dalam keadaan susah seperti apapun, jangan pernah menanggalkan rasa malu untuk kemudian mengemis dan meminta-minta. Sesusah apapun, setidaknya kita masih punya harga diri kalau rasa malu itu tetap kita tanamkan di hati.

Dan ingat-ingat lah selalu tiap kali kita berbuat salah pada orang lain, bahkan mungkin perbuatan yang masih diduga salah, segeralah meminta maaf. Sungguh, derajat kita gak akan turun kok kalo kita meminta maaf. Harga diri kita gak serta merta jadi hilang sedetik setelah kita meminta maaf. Begitupun bila orang lain yang meminta maaf pada kita, memaafkan itu mungkin sulit, tapi seandainya kita bisa ikhlas memaafkan perbuatan seseorang, hidup kita bakal damai deh, yakin. Gak perlu lah ada teriak-teriak apalagi sampe maki-maki. Itu gak perlu.

Well, sungguh saya cuma pengen sharing aja sama temen-temen. Seandainya ada kata-kata saya yang kiranya terlihat tidak baik, saya minta maaf. Begitu juga kalau saya kelewat kasar, maaf, saya sebenernya gak kepengen nulis kasar begitu, huff.. Karena ya, sesungguhnya manusia itu tempatnya salah, yang benar hanya dari Tuhan. Ya khan? [Yang saya denger tiap kali ada di akhir acara pengajian sih gitu, heheu.. ya emang iya lah kayak gitu.]

Nah untuk kali ini cukup bahasan tentang M2M-nya, kapan-kapan kalo pas ada kejadian saya mau bahas tentang duo lokal ah, siapa tuhhh... Tau T2 khan? Yap, T2! Terimakasih dan Tolong, duo yang juga mulai mengkhawatirkan belakangan ini. Hmmm...

Udah, cukup, nanti kebanyakan saya ngawurnya. Selamat malam untuk semuanya, selamat bermalam Jumat. Selamat beristirahat... ^^

sok-sokan bersama si mbakyu mau begaya M2M, hahaha9 :D

Ah yaaaaaa, hari ini malaikat saya ulang tahun loh....
Malaikat saya sejak saya bahkan belum mengenal dunia, tidur dalam rahimnya yang hangat...
Selamat hari lahir, Ibuku sayaaaang...
Semoga Tuhan selalu meridhoi dan melindungimu, selalu...
Dan terima kasih Tuhan karena telah memberiku seorang malaikat yang meskipun mungkin tak sempurna tapi begitu hebat dengan caranya sendiri. :)

Salam untuk malaikat kalian semua yaaa... ^^

 with my beloved angel...
yang ini gak maksud mau begaya M2M koook, beneran deh, hehe9.. :p

56 comments:

  1. seLamat uLang tahun ibunya ros (kaLO enggak saLah sebut), semoga ibu dan keLuarga seLalu daLam keadaan sehat dan afiat, serta seLaLu tercipta keLuarga yang harmonis.

    konfirmasi:
    tidak ada moderasin komentar yang saya tipe-x, tapi beberapa hari ini bLogspot sedang mengaLami gangguan dan diaLami oLeh sebagian besar bLogger. yakni komentar-komentar para pengunjung hampir mencapai 50 persen terhapus, namun sudah berangsur-angsur sudah muLai puLih.
    sebagai contoh hitungan moderasi komentar saat ini masih kacau atau tidak akurat, siLahkan di cek. semoga bLognya ros tidak mengaLami dampak tersebut.

    ReplyDelete
  2. ijinkan mengamankan yang ke dua.
    Nanti saya sampaikan salamnya. Dan semoga kita semua mampu menjawab salam dari para malaikat.

    ReplyDelete
  3. Met ultah buat Bunda tercintanya yah Say. Semoga sehat selalu. Amien

    Btw gw juga suka pengen nimpuk kalo ada pengamen yang nyanyi bukan dengan tujuan untk menghibur pendengarnya tapi malah bikin sakit kepala. Kadang suaranya ke utara, eh gitarnya ke selatan. Pening!!!

    ReplyDelete
  4. bergaya ala m2mnya baguss.. hehee #-o walupun engga mirip.. :-)

    juga happy birth day buat ibunda tercinta
    :D

    ReplyDelete
  5. selamat ulang tahun tante.....

    oya,,aku juga sebel banget ma sopir angkot sekarang...aku gak mau lagi naek angkot...

    ReplyDelete
  6. wahhhh.. kalo bicara soal malu sih ros, kayanya emang udah banyak yang ngg apunya malu sih sekarang,, buktinya, bapak-bapak dan ibu-ibu terhormat di senayan sana juga ngga malu walaupun dengan berkedok Dana Aspirasi merejka sama aja laginylong duit orang, ya ngga,

    eniwei, postinganmu ini berapi-api bangetttt,,, hahahhaha...,

    ReplyDelete
  7. kalau nafsu dah nguasai manusia kadang jadi lupa ama harga diri, malu dsbgnya..apalagi kehidupan mereka yang keras dimana uang adalah segalanya..maklumi aja :) n selamat ultah buat Ibunda tercinta, moga sehat n bahagia selalu..amin

    ReplyDelete
  8. Wah...kalo orang seperti supir itu, itu mah namanya sengak...!! Oh..ya met Utah buat bundanya deh...s'moga panjang umur dan sehat selalu...

    ReplyDelete
  9. happy birthday ya buat malaikatnya :)
    aku pemalu lho dan aku juga punya harga diri hehehe

    ReplyDelete
  10. yg pake jilbab ya? nebak2 akh.

    ReplyDelete
  11. wah panjang sangad nh postnya........
    malu malu maaf aku membacanya..
    dan maaf maaf malu aq komentarnya...

    ReplyDelete
  12. malu dan maaf adalah anugerah bila disertai ketulusan...

    ReplyDelete
  13. Sprti Paypal Whitelist. Daftar lgsg dpt $10. Masa promosi, bonus $2 dr setiap link referal. Prmosi berakhir sampai tgl 1 Agustus. Pembayaran via Paypal

    ReplyDelete
  14. Selamat ultah ya buat bundanya.. Semoga senantiasa sehat, bahagia dunia akherat dan menjalani sisa usia penuh barokah... Amin...

    ReplyDelete
  15. wuaaaaaaaaa iya ihhh jijik juga aku baca kejadian itu. Nah heran deh tuh suaminya kok diem aja??? arrrw! Bukannya bantuin istrinya atau ngasih pelajaran ke si supir itu! Malah nyantai kayak di pantai. Pantaskah seorang suami seperti itu? ngawur dot com.. :D

    Selamat ulangtahun buat malaikatnya mbak Rossaaaaa... :)

    ReplyDelete
  16. Kalau si ibu itu benar2 nyiramin air ke muka sopir itu, pasti keadaan akan tambah buruk. Jika sopir yg tak beradab itu marah, bisa2 dia kalap dan berbuat hal2 yg tak terduga...

    ReplyDelete
  17. hihi kayak kakak sama adik sama mamanya

    ReplyDelete
  18. itu yang Lagi berpose sama mbakyu nya seperti M2M gadungan, kaya angka 11. wkwkwk..., piss ach.

    seLamat maLem sabtuan aja, besok Libur nih. kaLo Lembur mantab (pake B) tuh gajiannya harus bawa karung, hihihi...

    ReplyDelete
  19. :hi

    met malam umy mampir :*)
    wahhh postingannya bagus sist,,
    malu dan maaf,
    ceritanya mengena banget,,

    ReplyDelete
  20. semoga para supir angkot membaca postingan ini haha amieen

    ReplyDelete
  21. hmm.. m2m itu kesukaannya adikku lho.. aku gak begitu tahu,, arfi mah tahunya SNSD, hehehe

    ReplyDelete
  22. aku kok ga tau lagu itu ya #kampungan

    ReplyDelete
  23. wahahahha.... beneran sopir angkot emang kayak gitu. mentang mentang ada serikat kerja sopir angkot, dan anggotanya banyak yang jadi sopir angkot, dia jadi bertingkah laku seenaknya, apalagi kalo digabung dengan tukang ojek, malah lebih parah lagi, udah kacau dah dunia ni hehe

    ReplyDelete
  24. budayakan malu dan biasakan maaf itu yg penting

    ReplyDelete
  25. yoy................
    semoga tulisan kamu dibaca banyak orang.... ^^

    ReplyDelete
  26. M2M wah jaman aku smp dulu eh apa smu ya lupa :p

    ihh sama ak jg sering sebel ma sopir angkot >,< bencii males sebenernya naek angkot liat kelakuan mereka seenak udelnya ajah

    Selamat ulang tahun ya buat mamanya ros ^^

    ReplyDelete
  27. ditunggu T2 nya dan selamat ultah tuk malaikatnya... he

    ReplyDelete
  28. Selamat Ultah wat Ibunya Ya Mbak, dan M2M tentang pengamennya kalo buwel seh kalo ada uang kecil ya dikasih kalo nggak ada ya maaf, tak perduli suarannya kek gimana... heheeh

    ReplyDelete
  29. Kalo Eysa lagi suka Haddad Alwi feat Vita... ^_^

    ReplyDelete
  30. seandainya para sopir punya blog dan baca ini, dy bsa nangis bombay..
    Hehehe..
    Thx ya kunjungannya..
    Ayo sini dateng lg..
    Heheh..
    Ga maksa sih.

    ReplyDelete
  31. kunjungan sore..

    selamat milad untuk malaikatnya, meskipun terlambat,^^

    ReplyDelete
  32. selamat ulang tahun untuk mamahnya yaaa :) hehehehee. semoga diberi kemudahan dalam hidup amien.

    ReplyDelete
  33. telat ga ya??? daripada tidak sama sekali. met ultah buat sang bunda....

    ReplyDelete
  34. bener bangettt, paling bete klo nemu kejadian spt tadi, rasa bertanggung jawabnya udah hilang bahkan untuk bilang maaf pun sudah tidak ada... itu semua karena urat malunya juga udah putus, iihh jadi bener2 ikutan sebell..

    anyway happy belated bday tuk Ibunya, semoga doa anaknya terkabul, Amin...

    salam knal yaa :)

    ReplyDelete
  35. salam sobat
    berkunjung mencari info yang bermanfaat dari blog sobat terima kasih dan semoga sukses

    ReplyDelete
  36. emang banyak skrg orang2 kayak gtu.. skrg mah kita benerin diri sendiri dulu aja dah.. hehe.
    selamat ulang taun yah buat mamanya mba! smoga diberi kesehatan, rejeki, dan anak cucu yang selsalu sholeh. amiiinnn :s)

    ReplyDelete
  37. selamat ulang tahun mamanya ros..^^
    kirain m2m bneran td..hbisnya aku suka main gitar lgu2mereka hehehe
    emang orang2 yg seperti itu ngeselin..nyebelin.. tp lebih kesel lagi klo kita enggak bs berbuat banyak.. :(

    ReplyDelete
  38. panjang beneerrr post-nya
    yah, kita doakan aja supaya sang supir truk segera diberi hidayah ye :)

    ReplyDelete
  39. emmm,,M2M yah
    pernah dengar sih dulu :D
    pa kabar ni sobat?
    ke mana aja ga keliatan ?

    ReplyDelete
  40. Ya sekarang udah banyak yang lupa sama malu dan kurang pemaaf.. Ud zamannya kali

    ReplyDelete
  41. Hiks, 3 kata, yang mudah terlupa. Maaf, tolong dan terimakasih...

    bedewey, Emaknya Mbak jauh.. :(( Salam untuk ibunya yah... semoga panjang umur dan usianya berkah, Insya Allah :)

    Yuk kopdar yuk? :)

    ReplyDelete
  42. rosaaaaa...
    maap yah...
    aku jadi malu...

    ReplyDelete
  43. Ni M2M lokal ya bukan luar negeri..hehe..#-0

    ReplyDelete
  44. Artikel yang menarik sekali, semoga sukses selalu dan saya tunggu kunjungannya di website saya.thx salam persahabatan

    ReplyDelete
  45. selamat sore semuaaaa :D
    makasi ya untuk ucapan dan doanya..
    semoga kita semua selalu dalam lindunganNya, aminnn...


    selamat hari selasa, teman!
    semoga hari ini menyenangkan :D

    ReplyDelete
  46. wow... aku fans nya dulu... cuman sekarang jarang banget dengerin kabarnya yach....?
    tapi bagus lah udh ada m2 m indonesia... hahahahhahahahaha

    salamkenal sobat....
    sekalian aku izin download dulu yach....

    ReplyDelete
  47. wah panjang bener ni tulisannya...tapi asyik,,dengan gaya anak muda...xixixixxi...sayah suka dengan temanya...malu dan maaf...

    dulu sayah punya pendapat yang sama seperti mbaknya yang tentang pengamen...ketika ada pengamen di bus atau di rumah kontrakan sayah yang sama sekali tak punya keahlian di bidang menyanyi ataupun maen gitar, sayah selalu berpikir hal yang sama dengan mbaknya,,,mereka ini pengemis yang berkedok pengamen.

    namun skrg hal itu sudah berubah. Semenjak sayah memutuskan untuk menelusuri kehidupan anak jalanan dengan menjadi bagian dari mereka.

    setiap sore sepulang kuliah,,,sayah menjelma menjadi salah satu dari mereka, menjadi bagian dari mereka. Pengamen.

    dari situlah sayah tahu,,, betapa beruntungnya sayah dan orang2 yang masih bisa hidup dengan tidur beralaskan kasur didalam rumah. makan pun sudah ada yang menjamin yakni ortu kita atau pendidikan yang bisa kita kenyam dari mulai TK.

    tapi mereka,,mereka yang sering kita caci maki dalam hati karena terlalu memaksakan menjadi pengamen meski tak punya modal suara dan bakat bermain musik, mereka tak seberuntung kita. mereka harus berjuang bertahan hidup dijalanan tanpa dibekali apa2. ada sebagian dari mereka yang memang tak memiliki bekal apa2 selain mengemis dan mengamen. Mereka terkadang harus berhadapan dengan satpol PP, preman, bahkan maut ketika sedang berjuang menyambung hidup, mencoba bertahan dari kerasnya gerusan manusia2 yang semakin tidak peduli dengan sesama, yang hanya mementingkan diri sendiri, yang hanya bisa marah2 (dalam hati atau secara langsung),tanpa pernah tahu bagaimana kehidupan mereka, latar belakang kenapa mereka jadi pengamen atau pengemis, tanpa pernah tahu sekeras apa hidup di jalanan.

    tak sedikit pula mereka melakukan itu demi ibu dan bapak mereka yang sudah tua renta.

    sering memang, tanpa kita sadari, kita selalu menjudge dan menyalahkan seseorang, tanpa pernah kita tahu latar belakang mengapa mereka sepeerti itu.


    sayah tidak bermaksud untuk menyerang mbaknya,,,hanya saja, sayah ingin mengingatkan atau paling tidak sekedar berbagi, bahwa mereka (para pengamen dan pengemis) bukannya tak ingin mengubah nasib mereka. Mereka juga punya mimpi seperti orang lain. mereka juga tak ingin selamanya jadi pengamen dan pengemis semasa hidupnya, mereka juga punya mimpi. Tapi, kondisi di negara sayah ini tak selalu berpihak pada mereka.

    jika sayah kaitkan dengan malu dan maaaf seperti tema mbaknya. maka sayah akan bilang bahwa kita lah yang seharusnya malu ketika melihat mereka yang seperti sang sopir, si ibu atau pun pengamen dan pengemis, karena kita hanya bisa marah2 atau mengumpat atau menyalahkan mereka yang (mungkin) tak pernah diajari tat krama, sopan santun dan budaya minta maaf serta malu.

    kita sudah lupa,,,bahwa mereka juga saudara2 senegara, jika kita merasa malu dengan apa yang mereka lakukan atau kerjakan, maka jangan hanya mengumpat atau marah2 tapi doing something untuk mengajari mereka, untuk membantu mereka, untuk sedikit mengangkat harkat mereka.

    ah ,,,sayah rasa ini sdah terlalu panjang...


    sayah jadi inget peribahasa yang dulu sering saya dapatkan sewaktu SD,,,

    gajah di pelupuk mata tak tampak namun semut di seberang lautan nampak.

    itulah kita,,,kita yang termasuk pula sayah...
    tak lupa sayah ucapkan maaf bila ada salah kata dari sayah...
    sayah hanya berbagi atas apa yang pernah saya alami.

    salam hormat dari sayah

    ReplyDelete
  48. maLu?.
    saat ini rupanya budaya maLu sudah muLai tergeser dengan budaya tidak punya maLu, bukan punya maLu.

    seLamat maLem reboan aja yah ros.

    ReplyDelete
  49. malam nak mami :-)

    aby mampir lagi
    biasa ngisi absen...

    ReplyDelete
  50. bukan, bukan gitu maksudnya
    khan tadi di atas pun saya udah bandingin pengamen maksa itu dengan nenek2 yang masih dengan gigihnya mencari bekas-bekas botol plastik yang masih bisa dijual,
    nah poin saya di sini adalah kenapa si laki-laki pengamen ini gak coba aja pekerjaan lain yang emang dia bisa ketimbang maksain diri jadi pengamen. hei, dia khan bisa jadi kuli bangunan kerja pake tenaganya, atau dia bisa jadi pengumpul botol bekas tadi kayak si nenek itu khan bisa juga, apa aja asal jangan maksain, itu aja kok. Bukan, bukannya ndak mau tau kehidupan mereka. ah saya juga bukan dari keluarga yang kelewat gemerlap kok meski emang sejak TK pun saya udah dapet pendidikan yang layak, tapi di sekitar rumah saya, lingkungan saya tinggal pun banyak orang gak punya, tapi gak serta merta kayak laki-laki pengamen tadi, percaya atau gak saya kenal dengan salah satu nenek pengumpul botol bekas itu, dan saya acungin jempol untuknya yang masih mau bekerja keras dan gak mau menadahkan tangannya begitu aja.

    Hei, hidup itu pilihan, saat keadaan sepertinya tak memberi kita pilihan maka yang harus kita lakukan adalah membuat pilihan itu jadi ada.
    well mungkin saya cuma bisa ngomong tanpa tau gimana aslinya kalo saya yang jadi mereka, tapi saya tau beberapa dari yang kurang beruntung itu yang masih punya harga diri dengan bekerja sesuai dengan kemampuan mereka, entah dengan jadi pengumpul sampah, tukang sapu, tukang cuci, atau apalah, setidaknya mereka gak maksa, setidaknya mereka masih ngejual tenaganya.

    Nah untuk kita yang tau tentang itu dan gak kasih tau kalo itu tu kurang baik[itu menurut saya], bukannya malah kita semakin menjerumuskan mereka ya dengan kita ngasih gitu ke laki-laki pengamen tadi dan sejenisnya?
    jujur aja, sebelumnya saya juga ngasih, cuma kok setelah yang satunya dikasih eh gak berapa lama muncul lagi yang lain lain dan lainnya lagi, banyak banget dan gak mau pergi kalo belum dikasih, udah ada setidaknya lima pengamen maksa bahkan sebelum makanan pesenan saya sampe di meja, kebayang gimana keselnya gak? jadi besok2nya saya kapok, karena menurut saya itu bukan hal yang baik.
    mereka akan ngerasa "nah khan cukup aja gw kayak gini toh mereka ngasih kok" dan itu gak baik menurut saya, mereka jadi gak mau mikir cara yang lebih baik.

    Hmm, tapi thanks loh buat pendapatnya.
    I appreciate it so, :)
    entah lah, mungkin emang saya yang gak bisa aja berpikir dengan cara itu.
    karena menurut saya, selama masih bisa berusaha dengan cara lain, maka itu lebih baik.
    kecuali dia sungguhan bisa bernyanyi dan bermain gitar, setidaknya dia pantes untuk kerja jadi pengamen.

    ReplyDelete
  51. inilah indahnya perbedaan...

    hanya beberapa poin saja yang ingin sayah sampaikan kembali...

    1. bahwa mereka tak seberuntung sayah, jadi sayah sama sekali tak berhak menjugde atau pun menyalahkan mereka atas ketidak sukaan sayah pada pengamen yang sudah suaranya jelek, tak bisa maen gitar pula.

    2. selama sayah belum mampu membantu mereka utk memberi skill dan membuka lapangan kerja bagi mereka yang itu berarti sayah hanya berdiam saja,,,tanpa mampu doing something,,,maka sayah sama sekali tak punya hak untuk,,,bla..bla...bla...bla..terhadap mereka...


    thanks ya mbak...
    sayah senang karena sayah jadi dapet ilmu dari mbaknya...

    salam hormat dari sayah...

    ReplyDelete

Makasi udah baca ocehanku ini, apalagi kalau mau ninggalin komen, hehe.. ^^