Monday 26 April 2010

AKU : Kata Siapa Abu-Abu itu Kelabu?

Di atas bumi ini ku berpijak
Pada jiwa yang tenang, di hariku
Tak pernah ada duka yang terlintas
Ku bahagia….

Ingin ku lukis semua hidup ini
Dengan cita dan cinta yang terindah
Masa muda yang tak pernah kan mendung
Ku bahagiaaa………..
 ***
Kira-kira kayak gitu lagunya mbak Melly Goeslaw yang judulnya "Ku Bahagia", yang selalu aja ngebuat saya ingat masa-masa SMA saya tiap kali saya denger lagu ini. Hehe. Dan ei, kebetulan banget yah hari ini tu pengumuman kelulusan untuk tingkat SMA dan yang setingkat itu.
Yuhuuuuuu, kayaknya emang bisa dibilang kalo masa-masa eS-eM-A ntu masa-masa paling indah ya.. Masa-masa kita ngerasa kalo kita tuh udah gede, udah dewasa, udah bisa mutusin banyak hal sendirian, udah boleh ini, udah boleh itu, termasuk katanya udah boleh pacaran. Ngahahaha9,pemikiran yang kekanak-kanakan banget ya ternyata malahan, boro-boro dah dewasa itu mah. Hihi. Tapi ya emang begitu khan anak SMA tu? Petantang-petenteng cuma gara-gara celana/roknya udah ganti dari biru jadi abu-abu. Ngaku aja deh, gitu juga khan pada? Hehe.
Kalo saya? Ah jelas saya gak kayak gitu, gak salah lagi maksudnya, hahaha9. Sama aja ah, saya juga termasuk anak-anak SMA kebanyakan, yang juga kadang mikir dudul macam yang saya tulis di atas itu. Rasanya setiap hari itu senaaaaang aja gitu. Indah bener deh. Hehehe. Padahal tanggung jawab juga tambah gede ya, tanggung jawab harus dapet nilai bagus lah, tanggung jawab lulus UAN lah, tanggung jawab nentuin mau masuk universitas mana setelah SMA, dll[dan lupa lagi, ngahaha],  itu aja sih yang paling gede, hehe.
Padahal juga jaman SMA itu pelajaran jadi tambah banyak, jam sekolah jadi tambah banyak, pulang juga jadi tambah sore, kadang malah malem kalo kebetulan sekalian berangkat ke tempat bimbel. Oh iya, pasti semua juga ikutan bimbel khan? Bimbel pelajaran sekolah yang kadang malah lebih masuk di tempat bimbel daripada di sekolah karena di sekolah sambil cetingan sama temen sebelah ato malah sekelas cetingan rame-rame, tau khan cetingan yang pake kertas kucel ato malah sekalian ada buku cetingannya, hihi. Seru kalo udah mulai ada yang ngoperin kertas, rame deh….
Trus belom lagi selain bimbel pelajaran, tu ada juga les bahasa inggris lah, les matematika lah[padahal di bimbel juga ada], les fisika juga[oh maiii, ini pengalaman paling buruk deh, hahahaha9, buat yang satu sekolah ma saya ngaku aja deh, kalian juga mikir gitu khan? Haha], tapi sih emang belom pernah ada les menari ato menyanyi, ato saya yang gak tau yak? Auk deh…
Belom kalo masa-masa ulangan, aduh, beneran jadi lebay oi belajarnya. Ah ya, kalo saya sih dulu ntu beneran deh istilah “Study hard, Play hard” tu emang beneran diterapkan. Ya belajar jalan, ya main apalagi, kuduuuu. Jadi kadang ada aja kelompok belajar bareng, hihi jadi ingat teman saya yang emang pinter banget dan baik hatinya mau mengajari kami-kami ini, waktu itu kami dan dia tentunya lagi belajar bareng di rumah saya. Ada lah beberapa orang ya, walaupun diakhiri dengan salah seorang teman saya yang emang demen banget nonton bulutangkis, mulai nyalain tv di kamar saya buat nonton pertandingan Thomas Cup. Jadi lah yang lain ikutan nonton, gak konsen deh, akhirnya teman kami yang pinter tadi udahan ngajarinnya, ditambah dia juga udah dibooking buat belajar bareng di rumah teman yang lain, dah yeaaahh teman yang lain itu udah ngejemput dia di gang rumah saya. Keren sekali bukannnn? Ck… Padahal ya di sekolah dan bimbel juga udah lebay belajarnya dengan ratusan soal yang dikasih buat latihan. Heran juga ya kok rajin bener dulu itu. Ckckck…  [ato ingatan saya yang kelewat lebay? Tapi gak ah, emang kayak gitu deh..]
Nah dimana bagian play hardnya? Ini juga gak kalah gilanya, jauh malah kalo dibandingin sama belajarnya. Saya dan teman-teman saya itu termasuk yang gak bakal nolak dengan satu kata keramat itu, “MAIN”. Semua juga paling seneng kalo udah main, entah itu main ke mall, main di sekolah, main ke rumah teman, bahkan main sama guru. Haha. Beneran. Saya dan beberapa teman pernah main bareng sama guru, [baca : ngegosip]. Yah, khan dulu tu yang namanya ngegosip juga masuk kategori main ya, ngahaha9. Pokoknya melakukan hal-hal yang bukan termasuk kegiatan belajar mengajar itu di masukkin ke kegiatan main.
Paling sering sih main di sekolah sama main ke rumah teman. Kalo udah main ke rumah teman tuh bisa serombongan gitu, gerombolan beneran deh. Sampe-sampe sekarang jadi mikir perasaan ibu si teman yang di datengin sama kami tu kayak apa ya, hihi. Mainnya gak sebentar juga, pasti lama deh, berjam-jam kayak orang lupa jalan pulang.
Kalo pas lagi main di mall itu pasti kami mainnya nonton pilem, makan-makan, plessss poto-poto di M-Stu atau tempat poto-poto sejenis itu lah. Malah kami itu punya album khusus, jadi khan hasil potonya itu daripada bingung ya dipegang sama siapa, mendingan dibikinin album, banyaaaak banget deh tu poto di album itu, tapi sayang kok ya akhirnya gak ketauan siapa yang megang, hiks.. Sayang banget deh…
Nahhh semua juga pasti tau lah ya kalo anak SMA itu tu selalu aja, akan selalu deh, beneran, kebagi-bagi ke dalam kelompok-kelompok yang lebih kecil lagi. Kelompok yang biasanya ada itu yaa misalnya kayak kelompok anak pinter yang kebanyakan berkacamata tebal-tebal yang doyan amat belajar, trus kelompok anak-anak OSIS yang selalu aja aktif organisasi yang kalo bikin CV pasti CVnya bisa berlembar-lembar saking banyak pengalaman organisasinya, ada juga kelompok anak-anak rohis yang sering di temuin di mesjid, kelompok anak-anak cowo [sok] keren dan [sok] ganteng yang sukanya begaya-gaya nongkrong sana-sini kadang cuma gara-gara anggota klub basket sekolah, kelompok anak-anak cewe yang gaooool, cantik, dan oke banget lah yaaaaaa itu yang sukanya ngelabrakin adek kelas atau bahkan teman seangkatan yang kalo jalan aja siswa lain langsung nyingkir, atau ada juga kelompok gak jelas yang cuma sekedar menjadi anggota sekolah aja yang gak pernah berusaha untuk eksis yang penting diri mereka senang kagak peduli dah yang lain kayak gimana yah yang kadang-kadang malah jadi sibuk ngetawain kelompok lain yang kebetulan lagi “ngelucu”.
Nah, saya, saya termasuk kelompok yang terakhir. Saya dan beberapa teman saya emang bukan termasuk orang-orang yang kepengen eksis di sekolah, kami gak peduli oi dengan apalah itu macam-macam organisasi ato apalah, ribet, yang penting mah kami senang. Haha. Kerjaan kami tu cuma ketawa, ketawa, ketawa, senang-senang aja terus. Di sana senang di sini senang di mana-mana kami senang-senang.
Seperti saat kelompok anak-anak cewe gaol tadi ntu sibuk ngelabrakin adek kelas, kami gak ambil bagian, tapiiiiii tentu aja kami gak mau melewatkan adegan seru itu dong ya, jadilah kami penonton setia yang kadang ngetawain yang lagi dilabrak kadang juga ngetawain yang ngelabrak, ngahaha9. Eh tapi kami gak pernah ngetawain di belakang ya, kami ngetawain ya langsung di situ sama kayak kalo kami lagi ngeledekin teman kami ya langsung di depan orangnya, itu juga ngetawainnya tergantung keadaan, malah kadang sampe berisik bener tu sekolah deh. Sampe-sampe kami tu dijulukin “Home Theatre”. Beneran nama yang gak keren banget deh. Tapi ya gitu kalo ada kami pasti berisik banget. Haha. Sialnya kenapa saya yang dijadiin ketua oleh segambreng lagi teman-teman saya yang emang berisik banget. Hiks. Bukan berarti saya yang paling berisik ya, saya malah paling pendiam kok, ngahahahha9 [ada yang percaya?]
Nah kelompok kami ini, ah sebenernya kelompok kami sih gak ada itu yang namanya perekrutan atau syarat macam-macam, pokoknya siapa aja yang hobinya ketawa dan bercanda ya sok aja atuh gabung dah, asal tahan aja ya sesekali jadi bahan ledekan yang kadang sampe kelewat kejam!! Beneran kejam deh, huhahaha. Tapi ya kami tetep aja senang-senang lagi setelahnya, coz kami tau itu semua cuma becandaan aja. Kebanyakan teman-teman saya yang “Home Theatre” ini sih asalnya karena kami sekelas sih waktu kelas satu itu, jadi ya emang deket sejak pandangan pertama, ngehehe9, geli ah.
Tapi pas udah kelas dua tu bukannya kami berpisah karena beda kelas, eh ini malah memperluas sayap dengan menulari orang lain virus kami, bertambah lah itu anak-anak yang demen amat ketawa-ketiwi gak jelas. Selain itu ada cerita lain sih dibalik ini yang bikin tadinya kami misah mencar-mencar kelasnya kok ya ujungnya jadi satu lagi. Cerita yang ini agak dramatis gitu sih, macam kayak sinetron aja, tapi nanti lah saya bahas di kepingan yang lain ya. Hehe.
Kami sering banget ngumpul di rumah Memei, asik lah kalo ngumpul di rumah dia. Sedikit udah pernah saya bahas di kepingan yang mi ayam beberapa hari lalu. Padahal tiap kali ngumpul ya cuma ngobrol ngalor ngidul doang, gak kejuntrungan lah. Tapi kemudian saat kelas tiga emang udah agak jarang juga kami ngumpul-ngumpul, selain karena udah mulai sibuk dengan pelajaran yang semakin menggila juga karena kebanyakan udah dekat juga lah ya sama teman-teman kelas masing-masing. Ya karena khan waktu kelas satu kami emang bareng, nah kelas dua kami “maksain” bareng[nanti saya cerita di keeping lain], nah pas kelas tiga itu khan udah gak bisa lagi sih dipaksain bareng, hehe.
Jadi ya pas kelas tiga udah agak sibuk dengan kelas masing-masing sih. Saya juga gitu, sibuk juga sama teman-teman saya yang rada[banget ah kayaknya] kacau itu. Heran beneran deh dengan makhluk-makhluk di kelas saya itu. Kok ya kacau sekali, padahal kebanyakan anak-anak yang tergolong pinter-pinter gitu. Tapi kalo udah ngecengin[aduh apa ya itu artinya ceng-cengan itu, hmm ya semacam bahan olok-olok gitu deh] teman-teman saya ini pinterrrr banget kalo udah ngolok-ngolok orang. Ampun, saya gak ikutan deh kalo yang kelas tiga ini, kejam beneran kalo yang ini. Kalo kelompok saya yang tadi itu sih gak kejam sih, kalo yang ini kejam bin sadis.
Di tambah lagi walikelas kami yang oke punya lah. Ah nanti aja deh bahas walikelasnya, di kepingan yang lain. Karena semua guru saya sepertinya memberi kenangan masing-masing. Gak hanya guru SMA aja sih, guru SMP dan SD juga, bahkan guru TK, hehe.
Yah pokoknya mah masa SMA itu emang indah oi. Masa-masa remaja yang terindah tak bisa terulang beneran deh. Hehe. Sebenernya masih banyaaaaaak banget yang mau saya tulis, tapi ya sedikit-sedikit aja kali ya, ini aja dulu, hehe.
High school rocks!!!!!

3 comments:

  1. masa sma..haha aku masuk kategori mana yah..?? aku ikut basket, ikut pecinta alam, ikut taekwondo, ikut pencak silat, ikut ngeband, ikut rohis juga.... n juga suka ketawa ketiwi juga...^^ masa smu emang gak terlupakan..

    ReplyDelete
  2. Iya, sma masa paling seru.
    *nostalgila*

    ReplyDelete
  3. Iya, sma masa paling seru.
    *nostalgila*

    ReplyDelete

Makasi udah baca ocehanku ini, apalagi kalau mau ninggalin komen, hehe.. ^^