Thursday 15 April 2010

AKU : Don't Judge A Book By Its Cover



Sekali lagi ah, Don’t judge a book by its cover. Hoho.

Well, sebenernya mungkin agak gak nyambung juga kali ya judulnya dengan apa yang mau saya tulis ini. Tapi saya gak nemu kalimat lain yang lebih cocok daripada ini, heu.. [tren menggunakan kalimat-kalimat yang popular sebagai judul khan masih menjadi alternative yang lumayan oke lah ketika kita gak nemu kalimat yang cukup menarik, haha]

Back to topic. Nah note saya yang ini emang gak mau bikin cerpen lagi. Jangan tanya kenapa, huhu.. Ini pun saya menulisnya sedang dalam keadaan tidak menentu berdebar-debar menantikan seorang kekasih yang sedang pergi jauh ke negeri seberang, eh? Bukan, nah jadi ngaco. Sebenernya saya nulis ini dalam keadaan sedang bingung menghadapi , ah well, pekerjaan saya, yang mana tidak akan saya ceritakan disini karena isu sekarang ini amat sensitive bila menyinggung soal itu. Sungguh keadaan yang amat tidak nyaman. Huff..

Duh, lupakan beberapa kalimat di atas, serius, saya mau serius ini. Kenapa tiba-tiba saya menulis note ini? Entah lah, saya hanya ingin bercerita tentang diri saya sendiri saja, hoho. Karena kalau bukan saya yang menulisnya siapa lagi coba yang mau nulis tentang saya? Mengharapkan ada seorang secret admirer yang sudah menguntit saya selama bertahun-tahun, dan mengetahui berbagai hal tentang diri saya yang bahkan dia tahu hal yang saya tidak tahu. Khan tidak mungkin bukan? [gayanyaaaa emang kamu itu siapa, neeeeng? Hihi]

So, karena saya yang paling tahu soal diri saya dan tidak mungkin ada orang lain yang bakal menulis soal saya jadi lebih baik saya saja yang menulisnya sekarang. Yah semacam autobiography acakl ah, hehe…. Kenapa acak? Ya karena saya bakal nulis ini secara acak saja, se-moodnya saya saja.

Hmmm, harus mulai dari mana ya? Ah ya, gak mungkin kalau dimulai dari tempat tanggal lahir saya bukan? Hmmm…

Oh ya, karena judulnya itu, jadi saya mau bicara soal diri saya secara fisik saja. Hehe. Apa yang pertama kali orang lain pikirkan saat pertama bertemu saya? [ah ada dua kata pertama, jadi pikiran pertama di pandangan pertama, aih saya mulai sok romance lagi deh..]

Nah kalo kalian, apa yang kalian pikirkan pertama kali saat pertama bertemu saya?

Dari yang saya tahu selama ini, kebanyakan orang akan menjawab kalau saya orangnya jutek. [apakah wajah saya segitu galaknya kah sampai saya dibilang jutek pada pandangan pertama? Hiks.. T.T] Padahal saya sudah berusaha untuk tersenyum loh, huhuhu9. Tapi ya sudah, nasib lah…

Dan yang mencengangkan hampir semua orang yang saya kenal pasti berpikir kalau saya ini orang Batak. Oh mai oh mai…… Serius, saya gak ada darah Batak sama sekali. [nah kalian bisa lihat cerita berbagai pengalaman saya yang berhubungan dengan hal ini di sini] Saking saya penasarannya, saya bertanya [sampe maksa dan ngotot pula] kepada orang tua saya. Dan jawaban dari keduanya tetaplah sama, “Kita gak ada kok darah Batak, sama sekali”. Saya masih aja ngotot, “Mungkin tiga atau empat generasi di atas kali…” Dan jawaban dari ayah saya adalah mutlakkkkk, “Dari mbah yang keberapa juga semuanya orang Jawa[Jateng, red], gak ada yang orang luar Jawa”. Jawaban dari ibu saya sih lumayan variatif juga, “Hmm, kalo kakek ibu itu malah orang China[keturunan], nah yang lainnya ya orang Betawi. Gak ada selain itu. Yakin.”

Yeah, saya ini campuran Jawa-Betawi. Saya bahkan lahir di Klaten, hoho.. Setelah numpang lahir dan cukup menikmati masa awal-awal kehidupan saya selama tiga bulan di Klaten selanjutnya saya dibesarkan di Bekasi. Ah ya, kedua orang tua saya emang sengaja supaya saya lahir di Klaten, jadi pas usia kehamilan ibu saya berumur delapan bulanan yah, nah ibu dan ayah saya berangkat deh ke Klaten. Itu kemauan ayah saya sih yang emang asli sana. Dan saya amat mencintai kedua kota saya ini, Klaten dan Bekasi. Nanti di note yang lain mungkin akan saya tuliskan mengapa saya begitu cintanya pada dua kota ini, hehe.

See? Harus dipertanyakan dimana kah wajah Batak saya? Huwaaaa…….. Walaupun saya sudah terbiasa diberi pertanyaan yang sama setiap kali di awal perkenalan [marganya apa? Borunya apa?], tapi tetap saja saya merasa bingung menjawabnya, karena yang bertanya pasti tidak akan percaya kalau saya bilang saya gak punya marga…. Huhu.. Saya sampe sempat punya pikiran gimana kalau nanti saya cari suami orang Batak saja ya, jadi khan otomatis saya dapet marga yaaa dari suami saya. Dan saat saya ditanyain lagi sama orang siapapun deh khan jadinya saya bisa jawab kalo marga saya tu ini loh, hahaha9. Tapi aneh juga, masa motifasinya kayak gitu? Hihi. Itu hanya pikiran ngaco saya saja sih. Aslinya mah yah dari suku mana saja[yang pake marga kek yang kagak kek] yang penting khan bisa menjadi imam yang baik buat saya dan keluarga kami kelak. [ahaiiiii, kawin, maaak…..]

Jangankan orang yang baru kenal saya yah, nah kejadian beberapa waktu lalu ketika saya ikutan makan siang bareng sama ibu-ibu kantor. Jadi saya khan pesen mi ayam, pas mau makan ya saya seperti kebiasaan saya selama ini kalau mi ayam atau bakso ya pake kecap dong, saya kasih lah kecap di atas mi ayam saya. Eh tiba-tiba sebut saja bu Ria bilang gini, “Eh kamu kok makannya pake kecap? Kayak orang Jawa aja..” Saya cuma senyum aja sambil bilang, “Aku khan emang Jawa, bu… hehe” [eh saya berhak loh ngaku-ngaku Jawa, khan ayah saya orang Jawa tulen, haha.] Si ibu nanya lagi, “Loh? Kirain kamu itu Batak.” Dan saya cuma cengar-cengir nanggung kayak ayam nelen karet gelang.

Nah udahan ah bahas Bataknya, bukannya saya gak suka loh ya sama orang Batak, temen saya banyak yang Batak, baik-baik pula... Sekarang bahas fisik saya yang lain yang mudah dikenali orang, yeah, kalian semua tahu lah kalau saya punya tahi lalat di hidung, persis di tengah[gak juga sih, yah di situ lah]. Ada beberapa orang yang nanya kenapa saya gak operasi aja buat ilangin tahi lalat. Tapi menurut saya itu gak perlu, malah saya jadi punya ciri sendiri dengan tahi lalat saya ini, jadi mudah dikenali, apalagi kalau nanti saya tiba-tiba ilang di tengah kerumunan banyak orang ya, jadi yang sedang pergi dengan saya khan mudah tu ngasih pengumumannya. Hahaha9. [emangnya saya anak umur lima tahun apa yaaa… duh ngaco nah saya ini..]

Pernah kejadian waktu saya SMP kelas satu. Waktu itu baru sekitar dua minggu masuk sekolah, semua pelajaran baru masuk masing-masing satu kali lah. Nah jadi pas pulang khan saya biasa bareng-bareng sama temen-temen saya. Waktu itu kami posisinya di depan gerbang sekolah mau nyebrang. Eh tiba-tiba ada bu Yuli[guru matematika saya] di samping kami, mau pulang juga. Trus saya khan nyapa ya, dan dibalas sapaan sama bu Yuli, “Eh Jingga, pada mau pulang nih ya? Anak-anak 1.08 kompak ya pulang bareng, PRnya nanti dikerjain yaa…” Saya cuma ngangguk bingung. Lah yang kelas 1.08 khan saya aja, yang lainnya ini khan temen saya dari kelas lain, tapi bu Yuli nganggepnya semua kelas 1.08. Dan yang bikin saya gede kepala adalah bu Yuli ingat nama dan kelas saya padahal baru ketemu di kelas satu kali. [ge-er kesenangan boleh khan yaaaa… hehe]

Nah yang lainnya masih ada lagi, dan banyak lah. Kebanyakan orang mudah mengingat saya ya karena itu. Heee… Seperti masih kurang unik aja nama saya yang Jingga itu, masih ditambah dengan tahi lalat pula. Jadi saya belum pernah mengalami kejadian keliru orang dan nama. [sepertinya saya mulai narsis? Haha] Kalian paham khan maksud saya? Seperti misal ada dua orang bernama Asep, kadang khan kita suka ngebedain dari ciri khasnya waktu lagi berbincang tentang mereka atau kalau ditanya orang lain seperti Asep yang kurus itu atau Asep yang ganteng itu.

Hmm,, kayaknya segitu aja dulu kali yah.. Ah ya, saya emang pake kata fisik, tapi maksud fisik di sini ya yang kayak gini. Bukan soal tinggi badan, berat badan, warna kulit, atau rambut dan sebagainya itu. Hehe.

Intinya, yah “Don’t judge a book by its cover” lah.. [apa hubungannyaaaa coba.. hahaha9] Nanti kapan waktu saya sempat nulis lagi tentang yang lainnya, hehe..

Dan walaupun saya ini kadang terlihat jutek, tapi sebenernya enggak kok, beneran deh.. [yah kadang-kadang sih saya jutek, hehe, tapi kalo udah kenal saya beneran saya itu.. yah kalian bisa nilai sendiri, hee...]

2 comments:

  1. hehehe lucu juga yah dikirain or batak terus.. gak ap.. jd ad kenangannya..
    jadi mengingat tentang aku sendiri hihi

    ReplyDelete
  2. hehe9
    iyaaa...
    bener2 deh...
    eniwei, kamu juga sering dikira batak kah?
    atau gimana?

    ReplyDelete

Makasi udah baca ocehanku ini, apalagi kalau mau ninggalin komen, hehe.. ^^